Ga terasa.. udah hampir diujung hari bulan Ramadhan lagi…  Kurang lebih 30hari kita menjalankan ibadah puasa.. apa cukup dengan berpuasa? apa yang sudah kita kerjakan selama bulan Ramadhan ini? Apa lebih baik dari tahun sebelumnya? Berapa hari puasa yang kita dapat? berapa malam sholat tarawih yang dilaksanakan? Puasa Ramadhan merupakan ibadah istimewa yang akan dinilai langsung oleh Allah sehingga ia tidak dibatasi oleh pelipatgandaan pahala 10 sampai 700 kali..

“Setiap amal anak Adam dilipatgandakan; satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa sampai tujuh ratus kali. Allah Azza wa Jalla berfirman, “Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya…” (HR. Muslim, An-Nasai, Ad-Darimi, dan Al-Baihaqi)

Nilai puasa di sisi Allah,  akan sangat bergantung pada kualitasnya. Semakin ia berkualitas, semakin tinggi nilainya di sisi Allah. Sebaliknya, puasa yang kualitasnya sekedar menahan lapar dan haus, ia tidak bernilai apa-apa di sisi Allah.

Sayang rasanya jika Ramadhan ini dibiarkan lewat begitu saja tanpa arti.. Selain dikenal sebagai syahrul shiyam (bulan puasa), syahrul shabr (bulan kesabaran), syahrut tarbiyah (bulan pendidikan), dan syahrul jihad (bulan berjihad), Ramadhan juga dikenal sebagai syahrut taubah(bulan bertaubat). Disebut sebagai syahrut taubah karena Ramadhan memang saat yang tepat untuk bertaubat. Dan sebaik-baik taubat adalah taubat yang segera, tanpa menunggu dan menunda-nunda.. sehingga terkumpullah dua keutamaan jika kita bertaubat saat ini… keutamaan karena Ramadhannya, dan keutamaan karena menyegerakan taubat.

Dan bersegeralah menuju ampunan Tuhanmu (QS. Ali Imran : 133)

Luangkanlah waktu sebulan saja untuk lebih mendekat kepada Allah Ta’ala, setelah 11 bulan kita mungkin lebih menyibukkan diri dengan perkara dunia, ingat hanya sebulan dibandingkan 11 bulan..!

Sibuk dengan perkara dunia boleh saja, tapi juga harus ingat dengan sang khalik.. percuma kerja jungkir balik kalo tanpa ridho Allah swt, cuma cape yang didapat dan akan selalu merasa kekurangan.. harus seimbang.. Niatkan segalanya untuk ibadah,

“Bekerjalah untuk kepentingan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk kepentingan akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok pagi.” (H.R. Ibnu’Asakir)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang tekadnya dunia, maka niscaya Allah akan mecerai beraikan segala perkaranya dan menjadikan kemiskinan di hadapannya dan tidak datang dari perkara dunia kecuali apa yang telah dituliskan untuknya dan barangsiapa yang tujuannya adalah akhirat, maka niscaya Allah akan mengumpulkan untuknya usahanya dan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya dan dunia akan menghampirinya dalam keadaan ia menolaknya.” HR. Ibnu Majah

Setiap orang punya sisi gelap dan terang, belum terlambat untuk memperbaiki… Nauzubillahiminzalik.. Jangan sampe kita terus terjerumus, sesal kemudian tiada berguna. . . Mustahil bisa kembali ke masa lalu. Mudah-mudahan disisa hari bulan Ramadhan tahun ini bisa menjadi awal taubat kita kepada Allah swt dan mendorong kita untuk terus menjadi manusia yang lebih baik.. amiiin..

Akhirul kata, kami ingin mengucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin.. maaf jika ada salah-salah kata dan salah ketik.. Selamat Iedul fitri 1434h.. selamat berlibur bersama keluarga..

ucapan lebaran 2013b

Medi 032 for YVCI-F

About these ads