Sedikit tips tentang Group Riding, silahkan simak gambar di bawah.

FORMASI SATU BARIS (SINGLE FILE)

Bagaimana dengan instruksinya/aba-aba dengan tangan ?

Voorijder mengangkat telunjuk ke atas dan diikuti oleh semua peserta konvoi.

Bikers berbaris, dengan posisi selang-seling. Hal ini dimaksudkan agar apabila terjadi pengereman mendadak, biker di belakangnya dapat menghindari menabrak biker di depannya. Di samping itu untuk memberikan jarak pandang yang lebih luas/jauh ke depan.

Perhatikan jaraknya, pedomannya adalah 1 detik dengan biker di depannya. Jarak/kerenggangan tergantung kecepatan, semakin tinggi kecepatanya, maka semakin renggang jarak yang harus dijaga  dengan biker di depannya.

Selanjutnya,…..

FORMASI DUA BARIS (DOUBLE FILE)

Bagaimana dengan instruksinya/aba-aba dengan tangan ?

Road Captain mengangkat jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruf “V” ke atas dan diikiuti oleh semua peserta konvoi.

Bikers berbaris, dengan posisi dua baris ke belakang.

Perhatikan perpindahan posisi, biker nomor dua akan menempati posisi sebelah kiri dari biker nomor 1, demikian pula dengan biker nomor 4 akan mengambil posisi di sebelah kiri biker nomor 3, selanjutnya bikers nomor 3 dan 4 akan merapatkan jaraknya dengan riders nomor 1 dan 2.

Begitu pula sebaliknya, apabila ada instruksi/aba-aba untuk membuat formasi satu baris, maka biker nomor 2 dan nomor 4 akan mundur mengambil posisi di belakang biker nomor 1 dan nomor 3.

“Semoga bermanfaat”

(F-005, 2008)

.

Sumber utama : http://www.msf-usa.org (dan sumber lainnya).