Basi ?……… Tidak juga ah…………

Yang namanya “SOSIALISASI” harus setiap saat, apalagi banyak biker “ingusan” dan yang tidak pernah menyadari resiko berkendaraan di jalan, minimal terhadap dirinya sendiri.

.

Safety Apparels adalah asesoris yang kita pakai dalam berkendara untuk meminimalisir resiko dalam berkendara. Safety Apparels ini meliputi antara lain helm, jaket, celana, sepatu dan sarung tangan.

Helm

Dalam memilih helm, kita hanya memerlukan 2 kriteria saja, yaitu Aman dan Nyaman. Begitu pula dengan bentuknya, hanya ada 2 yang direkomendasikan, yaitu helm full face dan helm half face.

Helm full face direkomendasikan untuk digunakan untuk perjalanan jauh (luar kota) dan untuk kecepatan diatas 60 km/jam, sedangkan helm half face digunakan untuk kecepadan di bawah 60 km/jam dan umumnya digunakan harian untuk dalam kota.

Helm yang sesuai standar adalah “DOT” (Departement of Transportation, USA), sedangkan di Indonesia berpedoman pada “SNI” (Standar Nasional Indonesia) No. 1811-2007 tentang Helm Pengendara Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Jacket

Jaket juga harus memenuhi kriteria Aman dan Nyaman.

Standar Aman di sini harus dapat melindungi bagian tubuh dari leher samapi dengan pinggang.

Untuk kriteria nyaman tentu masing-masing biker punya standar berbeda, ada yang merasa nyaman dengan jaket kulit, ada pula yang  nyaman dengan jaket bahan Gore-tex/cordura, atau kombinasi antara keduanya. Yang paling penting adalah, pilihlah jaket yang menyerap keringat dan tidak tembus angin.

Pemasangan protector pada pundak, punggung, siku dan sepanjang tulang tangan sangat dianjurkan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kecelakaan.

>><<

Celana

Dianjurkan yang terbuat dari bahan yang tebal, seperti jeans, soft canvas, kulit, Gore-tex/cordura. Tiga bahan yang disebutkan terakhir memiliki daya tahan gesekan yang lumayan baik. Hanya saja kekurangannya, tidak terlalu nyaman dipakai pada saat matahari sedang terik. Untuk menyiasati hal ini, biasanya dipasang lapisan dari bahan katun di bagian dalam, agar menyerap keringat dengan baik.

Untuk celana touring buatan pabrik, biasanya juga sudah dilengkapi beberapa pelindung tubuh, antara lain di daerah belakang untuk melindungi tulang ekor, pinggul samping, lutut dan tulang kering.

Sepatu

Pilihan sepatu yang benar untuk berkendara motor tidak hanya nyaman dipakai, tapi yang paling penting adalah lunaknya bagian sendi engkel bagian depan. Hal ini dimaksudkan pada saat anda melakukan “panic break” (pengereman mendadak), kaki anda akan langsung menyalurkan tenaga ke tuas rem secara baik dan tidak tertahan di kerasnya sepatu.

Klasifikasi yang memenuhi syarat nyaman dan aman untuk sepatu adalah :

  • Sepatu harus mempunyai tinggi melebihi mata kaki dan berpelindung tepat pada mata kaki
  • Diusahakan tidak bertali
  • Nyaman dipakai
  • Terbuat dari bahan alami (kulit)
  • Sol yang terbuat dari bahan karet, agar tidak licin
  • Mempunyai pelindung di ujung jari kaki
  • Mempunyai angka ukuran yang 1 tabel lebih tinggi dari ukuran kaki.
  • Mempunyai sirkulasi udara yang baik dan mempunyai lapisan lembut dibagian dalam.

Sarung Tangan

Selain sebagai pelindung tangan dan jari pada saat udara dingin dan hujan, Sarung Tangan juga berfungsi sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan.

Sadar atau tidak biasanya pada saat terjadi kecelakaan, secara refleks telapak tangan yang akan menyentuh aspal dan menahan tubuh  pertama kali.

Pilihlah yang berbahan kulit, karena bahan kulit tidak meneruskan sifat panas ke telapak tangan pada saat ada pergesekan dengan permukaan jalan. Bahan synthetic, selain tidak terlalu kuat, juga akan menimbulkan rasa panas pada kulit tangan.

Diajurkan memilih Sarung Tangan panjang dari bahan kulit yang mempunyai pelindung Serat Karbon dan Kevlar pada buku-buku jari.

>><<

Sebagai pertimbangan dalam memilih jenis pelindung, pemakaian bahan fiberglass sebaiknya dihindari. Karena sesuai dengan sifatnya bahwa fiberglass akan patah dengan ujung yang biasanya tajam dan kaku (seperti kaca), patahan ini akan bisa menyebabkan cidera tambahan pada pemakainya. Lebih baik pergunakanlah bahan serat karbon atau Kevlar.

Memang mahal apabila membeli semua asesoris di atas …tapi keselamatan pasti lebih mahal. 😀

(F-005, 2008)

Note :

Tidak ada maksud untuk beriklan terhadap merk tertentu, tetapi gambar-gambar diatas hanya untuk melengkapi apa yang dijelaskan dan didapat dari hasil googling.