Brotherhood has no limit…

Yup.., tanggal 1-2 November 2008 YVCF (Chapter Bogor) telah melaksanakan Pre Touring yang sebelumnya sudah dilaporan Bro Ardi dalam Survei Ke Sukabumi (Pre-Touring YVC Bogor)“.

Tujuan dari Pre Touring ini antara lain meningkatkan kesadaran Safety Riding, Wise Riding, Smart Riding, Unified Riding dan tentunya mempererat tali persaudaraan sesama pengendara roda dua di daerah Jawa Barat pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya (hopefully.. why not right??). Dan yang peling utama adalah “latihan riding in group”, untuk menghadapi touring yang sesungguhnya pada akhir Desember nanti.

Jalur yang diambil tidak terlalu jauh, Bogor-Sukabumi-Cianjur dan kembali ke Bogor melalui jalur Puncak…..kemudian mampir ke Cisarua, tempat acara Deklarasi YVC Chapter Bekasi.

Seperti biasa.., titik kumpul di Yamaha Mekar 1 Jl.Pajajaran Bogor yang juga merupakan tempat kami kumpul-kumpul menghabiskan waktu di malam minggu, kalo kata braders mah tempat Kopdar..

Waktu kumpul ditetapkan Jam 16.00, tapi dari sejak pukul 15.00 anggota YVCF sudah berkumpul.. mungkin ga ada lagi kegiatan jadi lebih baik kumpul lebih awal untuk membahas rencana perjalanan, tentunya ga jauh… becanda, ngobrolin modif-an, hand signals, sama liat-liat orang lewat, yaaaa… khususnya kaum Hawa yang lewat depan Mekar.. xixixiii.. (kebetulan Mekar diapit sama outlet-outlet tempat belanja favorit kaum Hawa.. yuu marrriiii….)

Sampe pukul 16.15 sudah kumpul sekitar 15 anggota YVCF dan 4 boncenger, akhirnya kami putuskan untuk siap-siap sambil menunggu rekan-rekan yang lain. Setelah briefing, doa bersama.. siapkan barisan!

16.30, dengan dibagi dalam 2 grup, kami berangkat… mudah-mudahan selamat sampai tujuan dan kembali ke Bogor sehat wal’afiat… amin…

Cuaca sedikit kurang bersahabat.. mendung, langit berawan, jalur sedikit padat, maklum… weekend…awal bulan pula… hati2 bro..!

18.00, Grup I sampai di titik kumpul I bertempat di Lido Resort, sekitar 10menit kemudian Grup II menyusul… kami berhenti sebentar untuk berkesempatan istirahat, sholat maghrib serta evaluasi…

Duueeer…. Akhir.. hujan juga, gedong boo.. hujan lumayan deres. Kami putuskan untuk menunggu hujan reda sambil ngupi di satu kafe yang kebetulan ada di area parkir Lido Resort…

20.00, Kopi sudah habis, hujan sudah sedikit reda.. tapi masih gerimis.. gak kerasa waktu sudah menunjukkan pukul 20.00, kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan… Grup 1 siap-siap, berangkat duluan disusul Grup 2…

Jalan sepanjang Bogor-Sukabumi lumayan bagus, hanya hati-hati pada tambalan yang sedikit bikin loncat-loncat, sedikit licin karena banyak truk pengangkut tanah dan pasir..juga (maaf..) hati-hati pada angkutan antar kota Bogor-Sukabumi dengan minibus yang sering melakukan gerakan mendadak serta para ojeker, selain asal-asalan masuk ke jalan utama, safety mereka pun kurang.. ini berlangsung sejak di daerah Warung Nangka selepas Ciawi sampe Sukabumi..

Perjalanan Lido-Sukabumi lumayan lancar karena jalan pun sudah sedikit lebar dan juga mungkin karena hujan jadi jalan pun sedikit lenggang kecuali hal yang disebut diatas..

20.30 Grup 1 tiba di titik kumpul II yaitu di SPBU Ongkrak, 50m sebelum Cibadak, menyusul 10 menit kemudian Grup II.. kami sempatkan untuk istirahat, sholat Isya, evaluasi dan isi perut… beloooom!! Untuk sementara isi perut si Luna dulu..

21.45 Ok.. perjalanan di teruskan, seperti sebelumnya Grup I jalan duluan dilanjut oleh Grup II… jalan jauh lebih lancar karena kondisi jalan lebih bagus..

21.15 Kami tiba di Sukabumi.., tujuan utama adalah Bengkel Resmi Yamaha Agung Mas Motor di Jl. Ahmad Yani Sukabumi sesuai janji dengan rekan-rekan bikers di Sukabumi.. terlebih karena, Bro Winson, kontak kita di Agung Mas Motor…

Kami disambut oleh Bro Rahman, bro Irwan dan kemudian Bro Kumis (Herman) dari Siliwangi Biker’s Community (SBC) Sukabumi… nyemplak CBR dan 2 vixie, vixie-nya mantap Bro Kumis…

Setelah sedikit beramahtamah, kami usulkan dilanjut dengan makan malam… lapeeerr..!! lokasi Jalan Panjang Baros Sukabumi jadi usulan dari rekan-rekan Sukabumi.. berangkaat..!

Disini ada miss komunikasi dari bro-bro yang jemput kami, 3 bro langsung menuju Saung Hegar “Rizky”, sedangkan yang lain diajak mampir ke markasnya STC (Sukabumi Tiger Club) di Jl. R.E. Martadinata. Hmmmm tempat yang sangat strategis. Karena sudah lapar, kami tidak lama di TKP, menusul bro-bro yang sudah menunggu di Saung Hegar (thanks bro “Kentung”, Ketua STC).

Lokasi tempat dinner kita terletak di Jalan Panjang, tepatnya di  jalur alternatif yang menghubungkan Jl. Pelabuhan dan Jl. Baros, jalan dengan 2 jalur, luas, sebelah kiri-kanan jalan diisi dengan warung-warung makan gaya lesehan.. mantaabs!! Bro Esya sampe “tambo cie” + cie + cie  = cie cie cie”………

Menurut braders dari Sukabumi, disini sering dijadikan arena Bali.. balap liar..! awas bro.. jangan ikutan..

23.00 piring sudah bersih, perut penuh, mata ketarik sama nasi.. jadi ngantuk..! Weeiiits.. banguuun… perjalanan masih jauh. Kita harus berangkat.., foto-foto dulu ah..!

Diantar rekan-rekan Sukabumi sampe Sukaraja.., kami lanjut perjalanan ke Cianjur.., tararengkyu ah lur.. makasih rekan-rekan Sukabumi, kalo ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi.. kalo ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi… yu ah marangga sadayana..

Perjalanan tempuh kedua Sukabumi-Cianjur tak sedikit beda dengan Bogor-Sukabumi, jalan bergelombang, penuh tanah dan pasir..Cuma lebih dingiin, terlebih setelah daerah Gekbrong.. brrrrr…merapat.. rombongan cukup jadi satu Grup saja.

Cuma brenti bentar di SPBU By Pass Cianjur, kami langsung tancap ke arah Puncak.. Brenti sebentar di Rindu Alam Puncak untuk re-group, perjalanan dilanjutkan, kami berencana singgah bertemu rekan YVC lain yang kebetulan sedang menghadiri acara Deklarasi YVC Cahpter Bekasi di daerah Citeko-Cisarua Bogor..

Allow everybody..!! Kami tiba di Cisarua, bertemu rekan-rekan YVC yang sudah mulai tepar.. maaf kemaleman Bro&Sis.. kami tak bisa berlama-lama, kami hanya singgah untuk mengucapkan selamat, kami harus lanjut ke Bogor.. thanks for the hospitality.. Selamat YVC Chapter Bekasi.. Bravo YVC Indonesia..

02.30 kami meninggalkan tempat acara Deklarasi YVC Chapter Bekasi di Cisarua, perjalanan lancar..

03.30 tiba di Bogor..

Ok.. bro & sis.. alhamdulillah sampe di Bogor kembali, sampe di titik kumpul terakhir kami membubarkan diri.. terima kasih untuk semuanya, keep safety.. semoga selamat sampe rumah masing-masing…sampe ketemu di Kopdar mendatang….

Bravo YVC Chapter Bogor

(Medi YVC F-032, 2008)