main-pic

Uno” adalah sebuah motor elektrik yang diciptakan oleh Ben J. Poss Gulak, pemuda asal Kanada yang baru berusia 18 tahun.

untitled-10-copyMotor ini masih menggunakan 2 buah roda, tetapi posisi kedua rodanya sejajar, sehingga apabila dilihat dari samping seperti hanya memakai 1 roda.

Mengendarai motor ini sepertinya membutuhkan suatu keahlian khusus, tetapi ternyata tidak ! sebab motor ini menggunakan teknologi giroskopis untuk membuatnya tetap seimbang.

untitled-5-copy

.

Uno” tidak membutuhkan pedal gas, rem ataupun kopling seperti motor lain pada umumnya. “Uno” bergerak mengikuti gerakan tubuh, untuk membuatnya bergerak maju, cukup membungkuk sedikit ke depan, maka “Uno” akan bergerak maju, semakin membungkuk, maka kecepatan “Uno” akan  semakin bertambah.

Demikian pula sebaliknya, apabila tubuh sedikit ditegakkan, maka kecepatan  “Uno” akan berkurang, dan untuk berhenti, cukup menegakkan tubuh.

.

untitled-4-copy1Inspirasi membuat “Uno”, transportasi listrik, berawal dari kunjungan Ben ke Cina pada tahun 2006 dan melihat polusi asap disana. “Uno” diklaim sangat ramah lingkungan, dan itulah yang menjadi tujuan utamanya.

“Uno” dapat berlari hingga 40kmph, namun dengan pertimbangan safety, saat ini “Uno” dibatasi tidak lebih dari 15kmph. Sayang, tidak jelas berapa lama kekuatan betterenya.

Ben saat ini sedang mencari investor untuk membantu memproduksi “Uno”. Berminat ? Silahkan kunjungi http://www.the-uno-tomorrows-transportation.com/index.html atau http://motorcyclemojo.com/articles/the-uno

.

(F-005, 2008)