garputala-yamaha3Apa yang terjadi dengan realisasi investasi sebesar US$ 88 juta yang rencananya akan digunakan untuk keperluan pengembangan mesin dan teknologi (US$ 45 juta, gedung US$ 39 juta dan training center US$ 4 juta) sebagaimana artikel terkait (Kapasitas Produksi Yamaha Bakal Salip Honda)❓

Yah…… mungkin itu untuk cerita 1 sampai 3 tahun kedepan. Sekarang bagaimana di Indonesia?……. Cerita dan dongeng masih sama dengan yang sudah-sudah (ga usah diulas ah….).

Lalu……. bagaimana dengan di Bogor❓ ………..

Naaaahhhh……. ini dia cerita dan dongengnya……. Bulan Desember…….. semua dealer di Bogor, besar dan kecil…… hanya dijatah 30 unit, untuk semua model……….. walaaaaah…..❗ berarti semua dealer di Bogor cuma bakal jualan 1 unit motor per hari…….❓ kasian amat !!❗ …….

Isu yang berkembang adalah………… karena banyak dealer yang “nakal”, uping harga, bonus….. “akibat kenakalan beberapa dealer”, begitu kata informan “ADADEH”.

Well….. sepertinya tidak perlu berprasangka buruklah sama dealernya. Tapi…….. kalau ternyata hal tersebut terjadi pada kota-kota lain,…….  perlu dicermati kurs US $ 12.283 per hari ini. Ada kemungkinan motor memang sengaja ditahan karena akan ada penyesuaian harga.

Well (lagi)….. bagi yang mempunyai rencana beli motor, sebaiknya ambil sekarang❗ …….. atau tunda sampai tahun depan (sebulan lebih dikit), dengan kemungkinan harga sudah berubah.😦

.

(F-005, 2008)