pas_bnr4_2

Hari Jum’at tanggal 2 Januari 2009 lalu kami, YVC F-005, YVC F-006 dan YVC F-028 menemani bro YVC F-032 dan YVC F-034  ganti velg + ban lebar dan pasang disk brake belakang di salah satu bengkel di daerah Cibubur. Lama juga  di bengkel, sekitar jam 10.00  sampai jam 15.30, maklum bengkelnya cukup ramai dan yang dipasang cukup banyak juga (bonus akhir tahun masih banyak katanya…… weleh….weleh…..weleh !…..).

Selesai dari bengkel, kami meluncur ke rumah (mertua) bro YVC F-028 di daerah Pasar Minggu, kemudian gabung bro YVC F-035 di Pasar Minggu. Sekitar jam 17.00 kami pamit pulang dengan rute Lenteng Agung-Tanah Baru-Sawangan-Parung-Bogor.

Oya…. pada waktu di Pasar Minggu, kami dapat sms dari bro YVC F-019 yang menginformasikan bahwa BBM langka di Bogor, tidak hanya premium, tetapi untuk pertamax (plus) juga langka karena banyak yang ‘terpaksa’ membelinya. Karena khawatir kelangkaan BBM berlangsung lama, kami putuskan untuk mengisinya dalam perjalanan pulang, walaupun sebenarnya BBM di tangki motor kami masih lebih dari 1/2 nya.

Benar saja….. di daerah Lenteng Agung, beberapa SPBU Pertamina, kalau tidak panjang antriannya…. tutup karena sudah ‘habis’. Begitu juga di daerah Tanah Baru,……. kondisinya sama. Sampai akhirnya kami ‘temukan’ SPBU di daerah sawangan (yang kedua/sebelah kiri setelah keluar dari Tanah Baru/jalan Moh Kafi 2).

Di SPBU sawangan (ID tidak diperhatikan/diingat, apalagi pakai bon/kwitansi)  tempat kami mengisi Pertamax itu ‘sangat sepi’ (berbeda dengan SPBU yang kami temui sebelumnya), saya begitu masuk sama sekali tidak antri (sebelah kanan), langsung isi pertama. diikuti oleh 2 motor di belakang (termasuk bro YVC F-034), di sebelah kiri juga langsung isi bro YVC F-006 dan YVC F-032. Begitu pula dengan premium, tidak ada antrian panjang, sekitar 4 motor (mobil kalau tidak salah hanya 1). Selesai langsung pulang ke Bogor dan rumah masing-masing.

Dari Depok, lokasi SPBU sebelah kiri jalan

Dari Depok, lokasi SPBU sebelah kiri jalan

Sabtu, 3 Januari 2009, acara rutin Kopdar trus joint kodar ke YVC Chapter Depok (prospek) di Margonda.

Minggu, 4 Januari 2009 jalan-jalan di sekitar Bogor bareng beberapa bro.

Senin,  5 Januari 2009 jadwal bawa motor ngantor dengan rute Bogor-Parung-Sawangan-Tanah Baru-Lenteng Agung-Pasar Minggu-Pancoran-Tebet (PP). Sudah terasa ‘tidak enak’ motor dibawanya, suara mesin sedikit kasar, tarikan lebih berat. Sempat terfikir…. sudah waktunya ganti oli (karena khawatir ga sempat beli, titip bro YVC F-006 untuk membelikannya), ternyata ga sempat juga ‘ngambil’ oli.

karetmekarBaru selasa, 6 Januari 2009 sempat untuk ambil oli ke tempat bro YVC F-006 karena pulangnya masih sore. Dalam perjalanan pulang (naik bis), ada sms dari bro YVC F-006 yang mengabari ‘ada yang tidak beres’ dengan Pertamax yang dibeli di SPBU Pertamina di Sawangan.

sedotbensinTernyata benar !!!…… begitu tutup tangki dibuka….. bau ‘minah’ (minyak tanah) sangat menyengat, ketika tutup tangki dilihat, karet (tambahan) sudah sedikit mekar.

Sampai rumah langsung ‘sedot’ isi tangki motor pakai selang kecil sampai habis. Ambil jerigen trus beli Pertamax di SPBU di dekat rumah.

Setelah dibandingkan, selain ‘bau’ minah, warnanya juga berbeda, yang oplosan berwarna lebih gelap dari Pertamax murni.

Sayang tidak ingat untuk memperhatikan/mengingat nomor ID itu SPBU dan sampai sekarang belum sempat lewat Sawangan lagi (Senin 5 Januarti 2009 sempat lewat, tapi belum ‘ngeh’). Beruntung juga vixie tidak apa-apa, begitu juga vixie punya bro yang lain.

banding1banding2

Tips :

Pada membeli BBM (premium, pertamax, etc), sebaiknya tidak perlu ragu untuk ‘mencium’, atau celupkan jari ke tangki yang sudah berisi BBM, idealnya BBM murni akan cepat menguap dan mengering, tetapi kalau keringnya masih terlihat berminyak, patus dicurigai BBM tersebut sudah dioplos dengan minah.

pas_logoApabila akan membeli BBM Pertamina, sebaiknya membeli pada SPBU Pertamina yang berlogo “PASTI PAS”. SPBU Pertamina PASTI PAS! adalah SPBU yang telah tersertifikasi dapat memberikan pelayanan terbaik memenuhi standard kelas dunia. Konsumen dapat mengharapkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas nyaman (begitu jaminanyan sebagaimana dikutip dari http://pastipas.pertamina.com/index.asp).

Apabila brother mengalami hal yang ‘janggal’ (kualitas atau kuantitas) pada waktu mengisi BBM di SPBU Pertamina, segera laporkan ke :

CONTACT PERTAMINA
Fix Phone : 500 000 (from all cities in Indonesia)
Phone : +62 21 7917 3000
Fax  : +62 21 7972 177
SMS : +62 21 7111 3000
E-Mail : pcc@pertamina.com

.

~ Semoga Bermanfaat ~

.

(F-005, 2009)