25 Januari 2009..

Huuuaaamm… udah jam6.. masih ngantuk aja..

Teng..teng..teng.. bukan bunyi bel.., tapi dari luar.., Lontong kari…?? maaaaang…!! blm mandi juga cuek.. sarapan dulu.. terus gantian mandi, keluarin motor.., vixi jadi jemuran dadakan.. perlengkapan dijemur..kecuali daleman, ga ada yang berani jemur..

dsc07582

dsc07584

Trip meter menunjukan angka 167km.. perjalanan Bogor-Bandung.

Ayo..ayo waktu mepet, katanya mau ke pabrik sepatu, shooping, ciwideuy.. siap2..

Jam 9.00 kita berangkat, kita ke Berlian dulu, karena sudah janji untuk ajak Bro Ariz..

5aiko01531

Jam 10.00 udah sampe lagi di Berlian Motor, sambil nunggu Bro Aris kita liat2 asesoris Y-Max, ada juga yang ganti kampas rem, setting motor plus yang ngemil juga ada… ngejo tetep nomor wahid..

Tunggu di tunggu, Bro Aris dateng, kita suruh dia pake Nimbus 032 buat boncengan sama Yayang-nya.. tapi.. hadooh.. helmnya mana?? Cari di Berlian? Ga ada yg biasa….Ya udah, Aris di bonceng Ramang untuk cari helm.. yang laen nunggu lagi.. udah jam 11an…

Hampir 45menit, Ramang+Aris udah balik.. tapi.. belom dapet helm.. hadoooh.. kumaha ieu..??

Untung ada ade-nya Ardi di Bandung, dia tau daerah tempat jual helm..yang laen tunggu lagi..

Panas, kesel, laper jadi satu.. tapi dibikin enak aja.., yang pasti ga akan semua tujuan bisa didatengi.., gpp.. bandung cuma dua belokan.. kiri sama kanan, kapan2 kita kesana lagi..

Hampir 45menit juga.. akhirnya dateng Bro Aris bawa helm.. siip.. siap2…berangkat..!! eh sebentar.. Pak Lalo dari YVCB ternyata mau ikut, anter kita jalan kesana.. siap.. ditunggu Pak Lalo….

Kawah Putih here we come..!!

Ternyata, cuma 5jam aja kami ngerasain angetnya matahari.. ga lama lewat Pemda Soreang cuaca udah mulai mendung lagi.. dan bener aja.. hujan lagi.. perjalanan masih sekitar 1jam.. bagaimana??

Siapkan perlengkapan anti air.. lanjut…!!

Sekitar pukul 14.00 kami sampai ditujuan..Kawah Putih..tempat ini terletak di Gunung Patuha pada ketinggian 2434m dpl , oleh masyarakat Ciwidey dianggap sebagai gunung yang tertua. Namun Patuha konon berasal dari kota Pak Tua (sepuh), sehingga masyarakat setempat seringkali menyebutnya dengan nama Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, puncak Gunung Patuha dianggap anker oleh masyarakat setempat sehingga tak seorangpun berani menginjaknya. Oleh karena itu, keberadaan dan keindahannya pada saat tersebut tidak sempat diketahui orang.

n764449419_1147211_25531

Menurut keterangan beberapa sumber, Gunung Patuha pernah meletus pada Abad X sehingga menyebabkan adanya Kawah (crater) yang mengeringkan di sebelah puncak bagian barat. Kemudian pada abad XII kawah di sebelah kirinya meletus pula, yang kemudian membentuk danau yang indah.

25012009020

Suhu udara sekitar 8 – 22 C. sumber air yang ada tergantung musim hujan. Kelembaban 90%, sedangkan curah hujan tahunan tercatat antara 3743 – 4043 mm/tahun.

dsc00217

Tahun 1837, seorang Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) mengadakan perjalanan ke daerah Bandung Selatan. Ketika sampai di kawasan tersebut, Junghuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi, tak seekor binatangpun yang melintasi daerah itu. Ia  kemudian menanyakan masalah ini kepada masyarakat setempat, dan menurut masyarakat; kawasan Gunung Patuha sangat angker karena merupakan tempat bersemayamnya arwah para leluhur serta merupakan pusat kerajaan bangsa jin. Karenanya bila ada burung yang lancang berani terbang di atas kawasan tersebut, akan jatuh dan mati.

dsc00200

Namanya juga orang bule.. orang Belanda yang satu ini tidak begitu percaya akan ucapan masyarakat. Ia kemudian melanjutkan perjalanannya menembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian apa yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai di puncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begitu indah di hadapannya, dimana terhampar sebuah danau yang cukup luas dengan air berwarna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluar semburan lava serta bau belerang yang menusuk hidung. Dan terjawablah sudah mengapa burung-burung tidak mau terbang melintasi kawasan tersebut.

Dari sinilah awal mula berdirinya pabrik belerang Kawah Putih dengan sebutan di jaman Belanda : Zwavel Ontgining Kawah Putih. Di jaman Jepang, usaha pabrik ini dilanjutkan dengan menggunakan sebutan Kawah Putih kenzanka Yokoya Ciwidey, dan langsung berada di bawah pengawasan militer.

dsc00223

Cerita dan misteri tentang Kawah Putih terus berkembang dari satu generasi masyarakat ke generasi masyarakat berikutnya. Hingga kini mereka masih percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Bahkan menurut kuncen di Kawah putih terdapat makam para leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Di tempat ini masyarakat sesekali melihat (secara gaib) sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Keadaan jalan pada umumnya baik dan beraspal sehingga dapat dicapai dengan kendaraan dua maupun roda empat. Jarak tempuh dari Bandung 47 km. Tapi.. menuju puncak jalan sedikit bergaya off road.., jalan aspal kasar yang sempit, terkadang pada titik tertentu untuk kendaraan roda empat jika berpapasan harus bergantian.

Disini serunya…, pas nanjak.. ngikutin mobil.. sekalinya tuh mobil berenti ditanjakan, kita pun terpaksa berenti.. taunya pas mau jalan.. motor ga mau naek.. mungkin karena mesin sudah panas, kopling jadi terasa pendek.. yang boncengan udah pasti harus turun dulu hwehehe.. Sidik..?? Arief..?? ga bisa naek yah?? Shendy pindah posisi dibonceng Ardi, saya sendiri yang dibonceng Sidik harus turun dibeberapa titik karena motor ga mau naek.. seruuuu…!!

Hampir setengah jam perjalanan dari pintu masuk ke puncak kawah, akhirnya sampe juga..penuh..

Udah parkir, kita jalan kaki menuju kawah.. dan… Subhanallah… indah bangeeds.., cape, dingin, basah.. rasanya ga kerasa..

ternyata banyak sekali tempat-tempatt indah yang bisa mengingatkan kita akan kebesaran Yang Maha Esa..

Alam pemandangan di sekitar Kawah Putih cukup indah; dengan air danau berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Di sebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya.

Fasilitas yang terdapat di areal Kawah Putih diantaranya  Musholla, MCK, bangunan pusat informasi, areal mini zoo, tempat bermain anak-anak, kios dagang.

Puas menikmati pemandangan Kawah Putih, kami memutuskan untuk cari makan… yup.. sama-sama lagi kita makan bareng, ngopi, satu batang lagi.. sebelum akhirnya kami memutuskan untuk turun ke Bandung kota.. karena tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 16.00

Yup..kita turun.. sampe dijalan raya… buset udah keliatan tumpukan kendaraan.. turun maceet brow…!! Santai aja, kita jalan-jalan, ngga perlu buru-buru..

Karena ada Pak Lalo, kita pulang lewat jalur Cimahi, biar agak jauh tapi ga macet.. untung ada guide..wuiidiiih tau sendiri jalan raya di kota Bandung, udah weekend, libur panjang pula… mantaaps.. macet terus.. untuk pake motor…. kejadian disini.. Bro Aris hampir jatoh pake Nimbus-nya 032 di rel kereta.. kaya Bro Arief di Anyer tempo hari hehe… satu lagi.. Alie ngilang…hwahaha.. ini baru pertama kali Alie ilang.. ga pa pa deh.. di susul Rizqi akhirnya ketemu lagi.. dilanjut.. kita menuju Berlian Motor..

Pukul 19.00 udah sampe di Berlian Motor Merdeka..kita istirahat, makan, ngopi dan biasa.. satu batang lagi.. untuk kemudian kita pamit untuk langsung pulang ke Bogor..

Makasih Pak Lalo (YVCB) dan Bro Aris (YVC Pekanbaru) beserta boncenger yang sudah ikut meramaikan free touring YVC Bogor.. kami pamit..

Pukul 20.00, kami berangkat dari Berlian Motor..perjalanan masih juga diguyur ujan.. ga ada matinya nih..perjalanan lancar..sampe di Cianjur.. kita rehat sebentar.. kemudian dilanjut lagi..

Sekitar tikungan Tapal Kuda.. ada sedikit kejadian yang cukup bikin kaget.. motor Bro Arief kesenggol sedan yang mengambil jalan terlalu lebar, dia melewati garis putih.. kena knalpot, Bro Arief sedikit oleng.. untuk Arief tinggi, jadi bisa menyeimbangkan motor berikut juga boncengernya.. ga sampe jatuh.. minggir dulu sebentar..!!, sementar tuh sedan terus aja ngebut ke arah Bandung… Yup dilanjut lagi.. hati-hati jalan licin dan padat..

Sampe di Bogor sekitar pukul 23.30.. trip meter menunjukan angka 397km, dititik terakhir yang kami sepakati area Jl.Raya Tajur depan Dealer Kawasaki… kami berucap sukur Alhamdulillah.. walaupun ada kejadian-kejadian yang sempet bikin kaget tapi ngga sampe ada kejadian yang melukai anggota rombongan..

Pulang pergi basah, kita tetep sama-sama.. ga ada acara semdiri-sendiri.. mengutip kalimat Bro Ramang.. “we belong together lah…” hwehehe..

n764449419_1147209_1984

Kita pisah disini.. ok.. next..??

(F-032,2009)

*special thanks to Nimbus2008, ga rewel dijalan..

.

Note:

Foto nanti ya di update lagi