feature_fz16_1

Heboh FZ 16…. entah apalah namanya nanti di Indonesia, konon “Bison”, terserah dah…. :D  

colour_fz16_p3

Padahal, di India sonoh sudah ada versi FZ-S, produk yang sama dengan  FZ16, cuma beda di warna dan penambahan “Visor”, dan terakhir, tanggal 7 Juli 2009 lalu, baru launched Fazer, yang notabene juga FZ yang ber-half fairing dengan head lamp ala R1 (gambar paling bawah).

yellow-big

Yang menjadi pertanyaan buat saya sebenarnya adalah masih menggunakan mesin dengan kapasitas 153cc yang notabene head to head dengan produk yamaha sendiri, walaupun berbeda teknologi dan desain/model (harga juga tentunya), yamaha v-ixion.

Terlepas dari pendapat bro Taufik pada artikelnya di sini yang berpendapat :

“Menurut saya, Keduanya (V-Ixion dan FZ 16) akan berjalan berbarengan …… Mereka semua memiliki kapasitas mesin yang sama dan berusaha saling bersinergi dalam memperkuat market penjualannya. Bukan saling megeliminasi. walau bukan mustahil ada beberapa bagian kue Vixi yang kecomot ke FZ 16, ndak apa-apa tho kan sama2 Yamaha”.

taufik_r15_fake_webSah-sah saja membuat produk “naked bike” pada kelas yang sama, yang satu “City Sport” dan satunya lagi “Sport Touring”. Asumsi saya, strategi ini sebenarnya lebih ditujukan kepada kompetitornya dari India, yang sudah mulai mapan dan diterima masyarakat Indonesia, dan ini yang diantisipasi oleh YMKI.

Di sisi lain,YMKI masih juga mengabaikan ‘suara’ konsumen setianya. Penjelasan tanpa kalimat ada pada gambar motor berwarna merah marun 😛

innerpagebanner_01

Fazer 150 (India)

Menurut saya, skala prioritas sebaiknya ada pada pengganti Scorpio Z, yang konon penjualannya “jalan di tempat”, dibandingkan dengan membuat produk “pendamping” buat v-ixion yang sudah mapan.

Sekedar membayangkan, seandainya pengganti Scorpio Z adalah model FZ16 atau FZ-S, atau bahkan Fazer (India).

Hmmmmm……..

.

(F-005, 2009)

.

Artikel Terkait :

Scorpio Face Lift….. Fazer 250 +