baksos

Hmm.. ga terasa sudah masuk bulan puasa lagi.. bulan suci, bulan penuh rahmat.. Setahun yang lalu saya baru gabung dengan rekan –rekan di komunitas ini, setahun yang lalu saya mencoba ikut serta dalam kegiatan baksos bersama komunitas untuk pertama kali, setahun yang lalu juga saya belajar nulis untuk blog ini..

Banyak pelajaran dan pengalaman didapat..

Kali ini lagi-lagi saya coba menuliskan kegiatan yang baru saja dilakukan oleh YVC Bogor, yaitu berupa Kegiatan Baksos yang didukung juga oleh Mekar Motor, Cargloss, Top1 dan Yayasan Al-Yasmin…

Banyak sekali cara mengeluarkan sedekah dan pemberiannya dengan bermacam-macam cara. Kadangkala dengan memberikan hadiah, dengan pemberian dan penganugerahan, kadangkala dengan meminjam sesuatu kemudian mengembalikan kepada pemberi pinjaman, sesuatu yang lebih banyak dan lebih baik daripada sesuatu yang dipinjamnya

Hmmm.. apa ada yang tau, Rasulullah saw tidak pernah menyisakan harta benda dan membiarkannya berdiam di rumahnya lebih daripada satu hari.. subhanallah.

Di samping mencontohkan keteladanan dalam bersedekah dan berinfak, Rasulullah saw juga sering sekali menyuruh dan menganjurkan umatnya untuk berinfak dan bersedekah sesuai dengan kadar kemampuan masing-masing. Dalam salah satu hadistnya, Rasulullah saw. bersabda,

“Jagalah dirimu dari api neraka walau hanya dengan setengah biji kurma dan bila tidak menemukannya, maka hendaklah dengan kalimat yang baik”. (HR.Bukhari-Muslim)

Nah… anjuran ini menggugah setiap mukmin untuk gemar berinfak dan bersedekah. Namun, tidak semua orang yang mengaku muslim gemar berinfak dan berusaha meneladani Rasulullah saw. Karena sesungguhnya, manusia diciptakan dengan tabiat cinta harta dan sangat bakhil dengan harta yang ada di tangannya. Allah swt. menjelaskan hal itu dalam firman-Nya sebagai berikut,

“dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta.” (Al-`Aadiyaat:8).

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir” (Al-Ma’arij: 19-21)

Naudzubillah.. semoga kita tidak termasuk dalam golongan itu, dan dari sini rekan-rekan sepakat untuk bersedekah, menyumbangkan sedikit rizki yang didapat selama satu tahun.., masa maen ma touring mulu.. kali-kali sedekah napah..

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 261).

Naaah.. dari sini, maka temen-temen YVCF memiliki gagasan untuk mengadakan bakti sosial. Dimulai dari hanya ide, survey tempat, sponsor dan diniatkan lillahita’ala.., alhamdulillah walau kecil-kecilan, kami bisa melaksanakannya… Bertempat di Yayasan Al-Yasmin Cihideung, berangkat dlm 4group yang terdiri dari 1group Logistik berangkat duluan, 3group menyusul kemudian dalam kondisi cuaca hujan gueedee…

baksos3 baksos4

Kami merasa puas dengan kerja keras, kerjasama rekan-rekan YVCF. Yang jelas tahun ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya..

Mudah-mudahan semua dalam ridho Allah SWT, dan Allah senantiasa memberikan berkah, rahmat dan hidayah-Nya untuk teman-teman semua.. dan semoga tahun depan akan selalu lebih baik.. amiin..