2Huaaa… libur masih panjang aja.. Lebaran dirumah udah cukup… keseeel.. Dari sejak hari kedua udah keluar, kumpul sesama rekan yg ga mudik. Ada Kiki dan Irfan hehe.. nongkrong di Mekar. Hmm.. masa gitu-gitu aja.. Ngobrol kesana kesini, pengen jalan-jalan niy..!

Rencana semula ke Garut di batalkan, akhirnya tujuan pindah ke Pantai Sawarna Bayah. Kontek sana-sini akhirnya udah 5org konfirm, Medi, Ardi, Sidik, Irfan, Asep Dj.., Riki tentative karena baru sembuh, nah kalo Alie tentative karena motor lagi masuk bengkel cat..

Jumat pagi, kumpul di Mekar jam 07.00.. waeee.. Kumpul jam 08.30 sambil tunggu motor Sidik service, Alie konfirm ikut, motornya beres di cat. Ga lama Kiki konfirm, dia ikut biar baru sembuh… muanteep..

SN201062Berangkat sekitar jam 09.00 setelah ritual wajib berdoa dan bagi2 tugas di jalan.. karena cuma 7org diambil kesimpulan… semua jadi petugas ahahaha… melalui jalur Ciawi, Cicurug, Cikidang berenti di Pelabuhan Ratu untuk Jumatan. Berlanjut ke makan siang… kemudian jalan lagi melewati Citepus, Cibangban, Cijengkol, Bayah.

4Perjalanan melalui jalur berliku, penuh tikungan tajem plus tanjakan.. ngeeriii.. RCnya ngaco ahaha.. Berenti ngopi buatan neng buat aa (gitu kan kang asep? wkwkwk) di atas bukit ngeliat pantai Pelabuhan Ratu dan Cibangban sekalian ngopi.. subhanallah keren abis.. Udah jam 14.00, dilanjut lagi sampe di Bayah, berenti bentar untuk isi bensin dan muter balik ke arah Sawarna..

Hmm.. udah hampir ashar, sepanjang jalan sebelah kiri keliatan pantai berikut pohon-pohon kelapa, masih sepi, ga serame Pl.Ratu.. Udah sampe Desa Sawarna, mau kemana kita? tanya-tanya orang setempat, ditunjukin Pantai Tanjung Layar.. dicoba deh kesana…

Jiaaaah.. untuk ke Pantai Tanjung Layar cuma ada satu jalan melewati jembatan gantung yang lebarnya ga lebih dari 1m, digantung sama kawat seling baja diameter 1cm plus papan. Berani?? sapa takut.. maju perut pantat mundur.., mesti satu-satu, soalnya kalo barengan goyangan tuh jembatan bakal maut banget..

SN201071 SN201085

SN201102 SN201197

Lewat jembatan masuk perkampungan dengan jalan semen terus lanjut ke pantai lewat jalan setapak berpasir pantai.. lagi-lagi keluar geboy maut di motor hehe… Ada yang kelewat heboh goyangannya sampe tepar tuh di pantai wkwkwk… Sampe diujung jalan ke pantai berkarang, ada karang besar 2berbentuk layar, mungkin ini makanya disebut Tanjung Layar.. foto-foto bentar, anginnya kenceng banget.. berhubung sadar diri badan tipis, ga usah lama-lama kita berangkat lagi.

10

Sayangnya, belum banyak penginapan di sekitar pantai. Banyaknya losmen-losmen disekitaran Pasar Bayah ato homestay sebelum masuk jembatan gantung. Kita pun setuju untuk balik menginap di Cibangban.. Cuma kali ini lewat jalan pintas ngga lewat Cijengkol.., alhasil mewatin jalan jelek plus hutan jati ga lepas tanjakan sama tikungan tajam.. sereeem.. mana udah mau magrib pula.. hajar terus deh tuh lubang yang penting cepet lewat wkwkwkwk…

Sekitar jam 18.30 udah sampe Cibangban, sukur masih dapet tempat di bale-bale warung, telat dikit ga kebagian tempat rame bangeet… waktunya istirahat, makan malem, ngopi.. males-malesan deh sambil cuci mata hehe…

Ga lama ada kabar, Kang Agus Gaos baserta istri nyusul ke TKP, sampe sekitar pukul 23.00..

Bangun pagi.. ngopi, sarapan sambil liat yang abis nyebur di pantai.. lieuuur wkwkwkwk.. sekitar jam 11, kita berangkat pulang, mampir dulu di Desa Ubrug tempat keluarga Pa Esya, dipaksa makan siang, istirahat lagi disaung diatas kolam ikan.

Baru jam 16.00 kita pulang ke Bogor, itu pun buru-buru karena ada yang ga kuat pengen pulang (lagi-lagi lirik kang asep dj wkwkwkw…) jalanan mulai padat..

Alhamdulillah 17.30 udah sampe mekar tanpa kurang suatu apapun.. tinggal ketawa-ketawa ngingetin kejadian-kejadian dijalan.. alhasil best view on trip.. 2 makhluk nyebrang di daerah Cicurug wkwkwkwk…

1

Warm regards, Momed F-032