Wah,musim hujan sudah dateng brader. Perlu ekstra perawatan nih, biar motornya gak gampang karatan. Kan gak lucu juga kalo “si bohay” panuan coklat-coklat gitu. Jadi sebaiknya kalo abis keguyur hujan atau abis kehujanan menyimak beberapa langkah berikut ini.

Usahakan langsung semprot bagian2 motor yg terselip, macem rangka, lekukan rangka, dudukan sok belakang, dudukan mesin ke rangka pokoknya semuanya deh. (–biar gak ada yg ngiri, red).  Kalo didiemin dulu bisa2 air hujan mengendap di bagian-bagian yang nyelip2, jadi kemungkinan muncul karat makin besar.  Selain itu bodi juga disemprot, terus dielus-elus pake tangan (–gak perlu pake kain soalnya kepekaan tangan lebih bagus tanpa kain, red), anggap aja lagi ngelus-ngelus wanita bohay hihi…. Jadi air hujan plus lumpur-lumpur yang udah kering di bodi motor bisa luntur gitu loh. Air hujan yang mengendap lama di bodi motor juga bisa bikin warna kusam lho. Terakhir, jangan lupa dikeringin biar nanti motornya bisa mengkilap tanpa ada titik-titik polkadot bekas air yg kering.

(Gambar.1)                                         (Gambar.2)

Untuk bagian ini, perlu sedikit usaha dengan nungging-nungging. Mengantisipasi bosh yang ada didalem dudukan tersebut berkarat, ada baiknya 2 minggu sekali  ke 3 baut dudukan di suspensi belakang tersebut dibongkar (gambar 1. salah satunya yg dibuletin ono noh).  Setelah dibongkar, brader sekalian bakalan nemu bosh yang masih mengkilap banget dah (gambar 2. Pojok kiri bawah).  Nah, itu dilumasin, pake grease a.k.a gemuk juga gak masalah, sekalian as-nya juga jangan lupa, gak usah tebel-tebel. Kalo udah beres, pasang lagi deh.

Hati-hati pasang conrodnya (Plat bentuk U di gambar 1) jangan sampe kebalik, tapi gapapa sih kebalik juga. Paling motor jadi ceper, trus jadi ada kerjaan lagi, nungging buat bongkar dan ngebalikin lagi.

Sebenernya hal ini, dilakukan cm sebagai tindakan preventif ogut sih. Dulu pengalaman scorpio bagian ini (gambar 1) jebol mulu gara-gara karat. Jadi takut terulang untuk kedua kali, (-kaya lagu dangdud) makanya lebih baik dirawat deh. Sekalian belajar bongkar motor.

(Gambar.3)                                         (Gambar.4)

Untuk rangka, bisa disemprot pake WD ngerawatnya. Atau mungkin bisa pake anti karat/penghilangnya yang lebih mujarab, (-bagi yg punya). Bagian-bagian semacam dudukan kuping ke deltabox (Gambar 4) rawan diserang karat. Kalo gak mau repot buat ngurus ini itu, bisa dipretelin semua rangkanya trus dicat ulang, tapi sebelumnya tetep dilabur cat anti karat. Dengan begitu setidaknya gak perlu ngurus2 karat yg ada di rangka motor.

Musim hujan begini, harus rajin-rajin nungging juga buat nge-cek rantai motor. Minimal 2 hari sekali lah. Soalnya kalo kita pake chain lube yg murahan gitu, kena hujan badai sekali doang langsung ilang. Jadi rajin-rajin deh lumasin rantai. Kata tukang setel pelek langganan ogut mah, lumasin aja pake minyak jelantah (-minyak sayur yg udah dipake) tp kalo ada yg baru ya lebih bagus… Usahakan jgn pake oli bekas soalnya malah bikin debu2 gampang nempel. (–CMIIW..semoga tuh montir gak sok tau). Ngeri juga kan kalo selama perjalanan rantai kering, terus lagi kenceng, terus putus, terus… (-terusin aja deh akhirnya gimana). Lumasin aja bagian ini mah pake apa aja deh yg penting bisa ngelumasin. Biasanya brader pake chain lube yg dibeli di tukang asesoris motor.

[OOT dikit] Ngomong2 chain lube,  chain lube yg dibeli pas Touring 2 YVCF bahaya euy. Bikin cat pelek ogut nglotok. Hiks, mesti cat ulang lagi deh. Kalo mau pake chain lube, pake yang bagus sekalian. Ogut juga gak tau sih merk yg recommended apaan, mungkin brader ada yg tau??

Last but not least, jangan lupa service berkala sesuai dengan jadwal dari dealer masing-masing motor. Wah, ini mah pasti atuh. Silahkan servis di dealer-dealer terdekat di kota Anda.

Kalo brader Bogor mah serpisnya disini ajah. Buat member dapet diskon koq, emang sih masuknya ke kas YVC Bogor. Tapi bisa dikondisikan lah Hehe….

Sekian beberapa masukan dari ogut, ini hanya sekedar berbagi saran. Mau ngikutin silahkan, engga jg tak apa. Kalo ada yg mau nambahin saran, silahkan juga. Diterima dengan layar terbuka.

Sampai berjumpa lagi di PERAWATAN MOTOR 2 : MENJAGA KILAU CAT SI BOHAY

**mohon maaf kalo ada foto2 yg ditampilkan tanpa seizin yg punya. Ngunduh di om gugel soalnya. Kalo gak suka fotonya ditampilkan bisa hubungi momed, biar nanti momed hapus.

regards,

ogut