Sempet heboh.. beberapa bulan lalu dapet spyshot dan sempet jadi tulisan di https://yvcbogor.wordpress.com/2009/07/21/fz16-ada-di-bogor/ dan ternyata membuat sebagaian orang terbakar sehingga harus dikeluarkan https://yvcbogor.wordpress.com/2009/07/23/perihal-artikel-fz16-yang-lalu/ Akhirnya terjawab sudah teka-teki selama ini tentang penampakan-penampakan FZ16.

Dari FZ16, Viper.. akhirnya muncul dengan nama Byson. Datangnya motor batangan anyar andalan Yamaha yakni Byson nampaknya sudah hampir bisa dipastikan karena rumor beredar izin produksi untuk memproduksi motor ini sudah masuk ke Departemen Perindustrian. Angka produksi hingga 80.000 unit dipatok Yamaha pada motor sport barunya ini

http://e-licensing.depperin.go.id/?c=tpt-kbm&m=status

Motor berkonsep street fighter ini nampaknya akan segera keluar sesudah Jupiter terbaru hadir di pasaran (sudah denger kabar nya?) . Byson sendiri banyak yang bilang ‘versi murah’ dari V-ixion, karena meski mengusung platform yang sama, pelayanan terhadap keduanya kabarnya berbeda sebab Byson kabarnya hanya akan mengaplikasi sistem pengabutan dari karburator bukan injeksi seperti yang digunakan V-ixion.

Namun uniknya, menurut data Depperin itu, Byson ternyata akan menggendong mesin berkapasitas 153 cc lebih besar dibanding V-ixion yang memiliki kapasitas mesin 149,8 cc dan Byson memiliki kelebihan lain, seperti pernah diulas pada tulisan sebelumnya, tampilan Byson terlihat lebih macho, dengan shock depan berdimensi lebih besar, tangki berkondom selaras dengan lampu belo dan setang model fatbar.

Hmm.. akhirnya selesai teka-teki ini setelah sempat meramaikan dunia maya dengan tulisan-tulisan dari media-media dan para blogger. Para pengharap munculnya motor baru Yamaha di kelas 250cc untuk sementara baru bisa menangis.. Tanya kenapa? Cuma YMKI yang tau jurus-jurusnya.. hehe

Sudah seharusnya para pabrikan mendengar permintaan-permintaan masyarakat yang mungkin disampaikan lewat media tulisan, email atau blog. Seperti Kang Taufik bilang diblog nya, impack pengaruh blog mulai dirasa sangat penting oleh pabrikan (baca di http://ninja250r.wordpress.com/2009/11/17/impack-pengaruh-blog-mulai-dirasa-sangat-penting-oleh-pabrikan/#comment-38208) khususnya blog tentang roda dua lebih jelas lagi,  pemilik atau pun pengunjungnya sudah tentu pasti para penggila roda dua yang secara tidak langsung memiliki ilmu dan pengalaman2 tentang roda dua yang sangat berguna untuk masukan bagi para pabrikan..

Yup kita tunggu kejutan-kejutan selanjutnya dari para pabrikan setelah mendengar permintaan-permintaan kita sebagai konsumen yang terangkum dalam media tulisan dan komentar-komentar dalam blog-blog sederhana..

Warm regards,

Momed