Sabtu tanggal 30 Januari 2010 jam 14.oo WIB pasukan Bogor berkumpul di Mekar Motor. Ada apa gerangan?

Ternyata pada mau menghadiri ulang tahun pertamanya chapter Karawang,– selamat ulang tahun braders. Seharusnya sih jam 14 itu uda waktunya untuk berangkat, tapi itulah unik dan ngaconya Bogor, pasti ngaret 1-2 jam. Ada yg survei villa dulu lah, ada yg kerja dulu lah, ada yg nunggu hujan lah,–padahal hujannya udah datang lho.

Akhirnya setelah proses tunggu menunggu yg cukup lama berangkatlah 20 member 19 motor,–1 member katanya motornya inreyen. Liwat jalur Jl. Raya Bogor – Bakosurtanal – Karanggan – Wanaherang – Cileungsi – Jonggol – Cikarang – Bekasi – Karawang. Keliatannya sih gak ada hambatan di perjalanan, tapi brader bisa nebak kali ngapain aja kita dijalan kalo berangkat jam 15 tapi baru sampe Karawang jam 20,–how come?

Hambatan pertama, ada 1 brader Bogor yg menunggu rombongan di carefour Cibinong, tapi ternyata jalur kita gak lewat situ, jadi tertinggal. Mungkin brader2 pada mikir “knp gak dijemput aja?”, sayangnya brader itu ngasi amanatnya sama sesepuh YVC Bogor. Kan ada pepatah manusia (baca : sesepuh) itu tempatnya salah dan lupa & sesepuh itu baru inget di Wanaherang. Coba dikontek,–sambil berentiin rombongan dulu. ternyata yg bersangkutan gak mau nyusul, jadi dilanjut lagi deh perjalanannya,–dgn rasa bersalah menghantui sesepuh itu.

Hambatan Kedua, memasuki wilayah Cileungsi, rantai bro Egi putus. Kronologis dialog:
Egi : motor gw koq gak mau jalan yah(sambil terus betot gas), masa kopling gw selip
Eko : (sambil memandang heran anak bawang itu) terang aja motor lu gak jalan, rantenya putus
Egi : (dgn logat Ciherang-an) ah, nu bener sia. Oh heeuh, pantes motor teh asa beurat
Eko : yaudin, mampir dulu aja ke bengkel
Sampe di bengkel, cari sambungan rantai, gak nemu, yaudin dipinjemin sama bro Robot yg kebetulan punya cadangan sambungan rante. Kronologis dialog :
Robot : bisa gi?
Egi : bisa, tapi rante jadi tegang. Segitu setelannya uda paling bawah.
Robot : (terdiam, berpikir, sambil garuk2 kepala) gir depan blakang lu masih standar?
Egi : yg belakang uda scorpio
Robot : Aha (muncul lampu diatas kepalanya kaya pelem cemen), tuker aja sama gir blakang gw. Yg gw masi sutandar
Egi : oh bener, cerdas siah si robot
Robot : (tersapu2 malu, tp tunggu dialog berikutnya. Mencerminkan seorang Robot yg sebetulnya)
Robot : tp ribed bongkar ban belakang gw gi, pake punya Eko aja yah
Egi : iyah, asal standar aja
Robot : (sambil dorong2 motor eko ngomong ke montir) mang, bukain bannya, trus copotin girnya motor yg ini (Eko) sama motor yg itu(Egi)
Bobi : ngapa bot? Koq motor eko dibawa2?
Robot : rantenya motor Egi kenceng banget, daripada putus, mendingan tukeran gir dulu sama si Eko. Cerdas gak gw bob?
Bobi : oo gitu. Trus itu montir lagi ngapain? (si montir lagi buka 6baut yg ada di gir)
Robot : buka baut. Pan girnya mau tukeran.
Bobi : (dgn logat betawi abal2nya) eh nyong, cerdas biji mata lu bekarat. Ngapain lu suruh copot girnya? Pan tinggal narik napgir doang, trus pindahin ke masing2 pelek. Gitu aja koq repot. (sambil ngelengos pergi)
Robot : (gak jadi tersapu2 malu) bener jg yah

Akhirnya, setelah kurang lebih 45 menit, perjalanan berlanjut. Masuk ke Jl. Raya Jonggol kondisi jalan gak kondusip. Lubang dimana2, banyak kerikil, basah pula. Gak berani betot gas,–sesepuh jg yg jadi RC, terjadilah hambatan yg ketiga, bro Wawan karena terlalu cintanya sama Indonesia bela2in cium aspal+kerikil+guling2an,–jatuh brader. Kronologisnya (tanpa dialog) jalan yg licin ditambah kerikil dan menurun bikin brader satu ini bejek rem terlalu dalem. Jadinya, vixi yg beliau kendarai lepas kontrol daaan, ngglosor deh. Nih kostumnya, belepotan kena lumpur.

Alhamdulillah gak papa, cuma lecet lutut doang,–biasa lah anak laki, nggak kotor yaa gak belajar. Terus lanjut, sebelum masuk ke jalan menuju Cikarang, rombongan kehilangan induk. Di telepon gak bisa, sms apalagi. Mondarmandir cari tuh ketua rombongan, akhirnya ketemu jg. Minggir dulu deh, sekalian nutupin lukanya bro wawan. Beres minum, sedikit merokok, dan ngeregangin otot, lanjut lagi. Belum ada 15menit jalan, turun hujan. RC ngasi sign buat pake jas hujan. Pas semua beres pake jas hujan + mau berangkat, ngitung rombongan koq kurang.

Inilah hambatan,–entah untuk keberapa kalinya, bro Ipan raib. Selidik punya selidik, kata sweeper helmnya ketinggalan di warung tempat tadi istirahat,–how come? Kronologisnya (berdasarkan penuturan tersangka) : “kan gw pake balak (masker muka yg kaya ninja itu loh) trus gw naek motor, helm gw half face, jadi berasa pake helm aja. Tapi pas ujan turun koq kepala gw makin lama makin basah, pas gw pegang ternyata helmnya belon dipake. Jd terpaksa gw putar balik.” Apapun keterangan yg diberikan tersangka, tetep anggota rombongan menilai kalo itu cm modus buat kenalan sama cewe doang. (begitulah Bogor. Bogor yg aneh)

Melanjutkan perjalanan, alhamdulillah gak ada hambatan (lagi). Cm sedikit tunyatanya karena sesepuh yg notabene pada hari itu bertindak sebagai RC mendadak terkena amnesia. Padahal kepalanya gak terantuk sama sekali, tp memang lututnya sedikit terkena benturan kerikil yg terpental dari treuk. Janjian dengan bro Rahmat,–brader Bogor yg kampung halamannya di Karawang, di perbatasan Karawang – Bekasi (kaya judul puisinya Chairil Anwar). Disini rombongan lepas kostum basah dulu + ngaca2, biar ngganteng.show off 1

Berangkat langsung ke Galuh Mas Cafe. Silaturahmi sama brader2 dari chapter lain, nongton ndangndutan, makan, ngerokok, ketawa2, kalo yg bawa boncenger mah sambil liat rintik air hujan. Eh, disana ketemu sama bro taufik + sis enci yg berangkat sama braders Bekasi. Pokonya mah acaranya seru banget deh. Akhirnya jam 23.30 rombongan mulai terlihat K.O., jadi kita siap2 buat pulang walopun hujan masih terus menemani gelapnya malam,–sailah, bahasa gw.
Lagi siap2 + pake kostum basah + panasin motor, bro Adia Purwakarta ngasi tau kalo sebaiknya kita berdoa dulu sebelum pulang. Pas semua chapter yg masi ada di situ bikin lingkaran, baru bro Adia memberi tahu kalo sodara kita, Bro Frenky dari YVC Banyuwangi meninggal dunia sewaktu perjalanan pulang dari Karawang. Disitu kita berdoa buat braders yg telah mendahului kita terlebih dahulu agar bisa mendapat tempat yg layak disisiNya, jg berdoa buat keselamatan masing2+rombongan.

Setelah berdoa dan memberikan sumbangan alakadarnya yg dikumpulkan dari semua braders, akhirnya kita pulang. Awalnya bareng sama Depok, tapi kita ambil jalur yg berbeda,–yaa tujuannya aja beda. Alhamdulillah gak ada apa2, cm ada 1 brader lagi yg (lagi-lagi) cinta tanah air. Entah gara2 lubang, entah gara2 jalan yg terlalu pelan, entah gara2 ngantuk, bro Aip ambruk di jalan berlubang. Untung postur badannya mirip sama kantong udara, jadi gak ada masalah. Cm motornya yg agak mengenaskan,–untuk kesekian kalinya jatuh lagi. Lanjut lagi perjalanan, akhirnya sampai di Cibinong jam 03.50. hehe, perjalanan yg amat sangat melelahkan.

Kami, keluarga besar YVC Bogor mengucapkan selamat ulang tahun untuk YVC Karawang yang pertama. Semoga makin solid.
Kami juga ikut berduka cita atas meninggalnya bro Frangky (member YVC Banyuwangi) dan bro Putra (partisipan YVC Banyuwangi). Semoga beliau mendapatkan tempat yg layak di sisiNya.

*to all brothers, safety riding memang harus, tapi lebih harus lagi untuk konsentrasi dan waspada di jalan
*maaf fotonya sedikit, dokumentasinya gak bawa kamera. hehe

Regards,
ogut