Yang namanya dijalan..kita ga tau kapan kena musibah, ngga nabrak ya ditabrak ato juga jatuh karena lain hal. Disini penggunaan safety apparael sangat berpengaruh. Helm udah jelas wajib dipakai, dibantu dengan jaket, sarung tangan dan sepatu. Kalo pengen lebih safe lagi pake body protector..

Nah mungkin itu yang penting buat ridernya.., sekarang.. gimana dengan si luna?? bagian mana yang paling rentan cedera ditubuhnya setelah jatuh?

Yuk kita bahas sedikit, share sedikit sesuai pengalaman, yang mau nambahin silahkan..

Untuk urusan mesin, gear, pelek yang mungkin membahayakan pengendara saat jatuh udah dipikirin sama para tukang insinyur Yamaha, di vixion sebagaimana kita tau ada teknologi LAS (Lean Angle Sensor) yang berfungsi memutuskan sistem kerja mesin saat motor dalam posisi terjatuh. Pada saat motor dalam posisi lebih dari 60 degree (…CMIIW), sensor menghentikan semprotan nozel / Injeksi ke ruang bakar, jadi ga usah takut klo urusan per-mesinan.. dia akan mati saat motor jatuh.

Nah sekarang gimana dengan badannya Luna? Kita Bagi jadi 2 bagian, atas dan bawah :

ATAS


1. Spakbor depan
Meski posisi paling depan, kalo vixion jatoh, spakbor jarang cedera, meski bisa baret tapi tidak begitu parah.
Kecuali kalau kecelakan adu banteng (depan lawan depan), mungkin karena bahannya yang lentur dan dia fleksibel mengikuti gerakan ban dan kemudi (tidak terkunci). Biasanya orang mengakali dengan memberi cutting sticker di
bagian depan spakbor hehe..

2. Stay/assy dudukan plat nomor dan lampu.
Hmm.. harus dipuji nih bagian.., biar cuma terbuat dari as besi, ternyata dia cukup kokoh dan berguna. Stay ini ternyata mampu melindungi cowling/body tutup radiator dari cedera. Untuk dirinya sendiri paling cuma bengkok dibagian ujung plat nomor.

3. Lampu
Satu bagian yang paling rentan cedera ditubuh luna saat jatuh adalah dibagian lampu, khususnya dibagian ring lampu.
lampu adalah bagian terdepan dari bagian atas motor. Saat jatuh, setang akan berputar dan berhenti sampe ujung radius puter (halaah.. apa sih namanya, mentok brew..). Dan lampu akan menjadi tumpuan penahan saat jatuh. Kalo cuma jatoh dan ngesot, ring lampu yang bakal jadi korban.

4.Speedometer
Speedometer pun jadi langganan cedera kalo vixion jatoh, paling ringan lecet rumah speedo, yang parah pecah semua. Pecah speedo bisa kejadian sekali lagi kalo “adu banteng” kalo jatoh ngesot paling cuma baret yang parahnya dia
cuma patah bagian tulang mesin speedo..! ini bisa diakalin hihihi… masih bisa lem plastik ato beli tulang mesin spido bagian bawah.. lumayan murah..!

5.Handle Rem
Kalo masih orisinil, ada kemungkinan dia cuma baret ato bengkok, kebetulan dia terbuat dari material logam yang lentur.

6.Setang
Banyak pengendara vixion mencoba mengganti setang orisinil vixion yang kebetulan bentuknya agak gimanaaa getoooh.. padahal boleh dibilang, setang bakal jadi benteng pertahanan untuk tangki. Oleh karena itu, yang harus diingat saat mengganti setang vixion, itu ujung setang jangan sampe mentok ke tangki karena justru itu yang akan jadi bumerang saat vixion jatoh. Tangki bakal penyok..

7.Tangki
Ini yang sering bikin lega.., saat jatuh dan ngesot dijalan aspal, tangki relatif aman, kecuali dia terantuk dijalan batu atau dihajar dari pinggir. Kok bisa? lihat di poin 2 dan 6, stay dan setang cukup menahan motor saat jatuh, tangki bakal terlindungi oleh setang.

8. Bodi belakang
untuk bodi lumayan.. paling sering kena juga untuk baret-baret, dia pecah kalo bener-beneeer kenceng tuh jatoh ato
dihajar dari pinggir

BAWAH

1. Foot step
Untuk bagian bawah relatif aman, karena kebetulan foot step vixion didisain untuk bisa dilipat, jadi saat jatoh footsteep
akan melipat, dan vixion akan bertumpu di pijakan standar. Kalo cukup kenceng tuh jatoh, injakan standar bisa bengkok atau malah step belakang bisa sampe masuk terdorong ke arah ban (liat injakan standar di foto bawah..)

2. Knalpot
Kalo jatuh ke sebelah kanan, knalpot udah pasti akan kebagian baret dan penyok dibagian penahan panas silincer yang
stainless itu.. yah gimana lagi, posisi di udah paling keluar banget..

Nah.. itu mungkin sebagian yang bisa di share tentang bagian-bagian vixion yang rentan cedera saat jatoh, bukan nabrak yah.. cuma jatoh dan ngesod alias spin di aspal..hehe..

Maaf kalo ada salah-salah kata, saya juga bukan mekanik yang hafal nama part-part motor, maaf juga kalo motor yang dipake model
rada2 kotor.. hehe.. dua minggu ga dimandiin karena musim hujan..

Warm regards,
Medi F-032