Akhirnya Yamaha launching Yamaha Xeon 125… lagi rame-ramenya pasar skutik, bisa dibilang pabrikan Yamaha berusaha menahan gempuran senjata baru Honda yang udah duluan keluar yaitu Vario CBS Techno. Biar kata tidak berada dalam kelas yang sama, tapi dari harga atau spek non teknis, Yamaha Xeon 12 ini akan kejar-kejaran dalam penjualan dengan Honda CBS Techno.

Yamaha Xeon 125… menggunakan engine 124cc SOHC, liquid cooler dan rasio kompresi yang cukup tinggi yaitu 10.9:1 selain itu Yamaha Xeon 125 mempunyai bore yang lebih besar yaitu dari 50mm menjadi 52.4mm dengan stroke tetap yaitu 57.9mm. Jelas terlihat disini.. power yang dihasilkan bakalan lebih besar, belum lagi penggunaan carbu 26 dibandingkan versi Mio yang menggunakan carbu 24, semakin membuat skutik ini bakal bikin yang lain makin jauh ketinggalan… CMIIW :D

Kalau soal fitur teknologi jelas Honda Vario CBS Techno lebih komplit, selain teknologi liquid cooler ataupun fitur yang diusung oleh Yamaha Xeon 125, Honda Vario CBS Techno menampilkan berbagai fitur yang lebih kaya seperti combi brake, side stand switch, parking brake lock dll.

Jadi.. power dan speed bakal jadi kelebihan dari Yamaha Xeon 125 untuk melawan fitur-fitur yang jadi kelebihan di honda CBS Techno.

Ngemeng-ngemeng soal harga.., menurut perkiraan, skutik ini akan dibanderol sekitar Rp.15juta-an.

Yang jadi pertanyaan…, koq Yamaha memilih merilis Yamaha Xeon 125 lebih dahulu dibanding Yamaha Byson ? Byson beritanya udah rame dari hampir setengah Tahun yang lalu, tapi sampe sekarang peluncuranya masih rahasiaYamaha, sedangkan Xeon 125 baru sebulan yang lalu selesai pengurusan TPT, udah tinggal brojol aja.. ada apa ini?

Scoopy

Yaah.. harap semua maklum hehe… mungkin ini taktik Yamaha untuk menahan gempuran Honda, karena sebagaimana kita ketahui, selain Vario Techno, Honda pun sudah mempersiapkan skutik premium PCX 125 ditambah calon skutik 110 cc yang dirumorkan Scoopy 110 . . .

Kembali ke Byson . . . sepertinya Yamaha akan menunggu kompetitor mengeluarkan senjatanya terbarunya . ..  karena mungkiiiiin.. Yamaha V-Ixion, yang kebetulan pada tahun 2010 udah keluar versi facelift-nya masih dalam posisi tenang-tenang saja.. hehe..

Kita tunggu saja….

Medi