Lagi baca-baca Kompas hari Senin kemaren (21 juli 2010), ga sengaja lihat satu kolom besar (bukan kolom kali, ga tau nyebutnya apa hehe.. soalnya setengah halaman).. ditulis pake font tebal, cukup jelas dibaca.. Permohonan Maaf.. ternyata permohonan maaf secara terbuka dari PT.Triangle Motorindo sebagai produsen dan penjual motor merek Viar kepada Yamaha Motor, Co.,Ltd. dikarenakan melanggar hak-hak desain industri.

mirip Yamaha X1 Thailand..

Memang mahal sangat desain suatu model produk, wajar klo sang pemilik menuntut haknya jika dilanggar oleh pihak lain.. makanya ada undang-undang Republik Indonesia No. 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri, No. 14 Tahun 2001 Tentang Paten dan No. 15 tahun 2001 tentang Merek.

Sebenernya ini adalah kasus yang kesekian dalam masalah pelanggaran hak desain industri motor di Indonesia, Honda pun pernah merasa dilanggar haknya dalam desain industri..

Emang dalam kenyataannya konsumen masa sekarang tidak bisa dibohongi dalam kualitas.., tapi tetep rasanya merupakan suatu hal yang wajib untuk pihak peniru berjiwa besar memohon maaf kepada pemilik desain.. dan kita pun harus appreciate atas permohonan maafnya….

Hmm.. banyak orang pinter di negeri ini, kenapa harus plagiat yah?? bagaimana nasib para konsumen yg sdh membeli dan memiliki produk Viar tsb?? ada yang punya komen??

Viar StarMX..11-12

StarZ mirip apa ayoo..??

Warm regards,

Medi