Kalo bicara touring, jalan-jalan.. udah tentu banyak sekali tempat favorit, mulai dari Borobudur-Magelang, Guci-Tegal ato naek haji ke Tugu 0KM di Aceh sana dll, dst, dsb…beuuuhh…

Cuma, kadang lupa sama daerah sendiri, dengan alasan kedekatan lah, kurang tantangan lah.. Rumput tetangga lebih hijau.. begitu pribahasa yang kita kenal.. begitu juga dalam sisi jalan-jalan hehe..

Ane coba share cerita sedikit dari hasil gugling tentang SITUS MEGALITIK GUNUNG PADANG CIANJUR..

Situs Megalitik Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur… sekitar 26 km arah barat daya Stasiun Kereta Cianjur. Arah ke Warung Kondang. Jarak tempuh ga terlalu jauh untuk rekan yang udah biasa lewat, cuma sedikit membingungkan setelah masuk dari Jalan Raya Cianjur-Sukabumi…, jangan malu untuk bertanya hihi.. atau bisa juga melalui jalur Sukaraja jika berangkat dari arah Sukabumi..

Keberadaan situs ini pertama kali muncul dalam laporan Rapporten Van de Oudheid-Kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. Baru pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian benda cagar budaya yaitu Penilik Kebudayaan setempat disusul oleh Ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.

Situs Megalitik Gunung Padang Cianjur yang merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak dikalim sebagai yang  terbesar di Asia Tenggara. Ini dilihat dari luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 Ha.

Di kalangan masyarakat setempat, situs tersebut dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Dibantu oleh pasukannya, beliau berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun sinar mentari di ufuk timur menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya ia biarkan berserakan di atas bukit yang kini dinamakan Gunung Padang.. Padang yang dalam bahasa Indonesia sendiri berarti tegal atau lapangan, sedangkan dalam bahasa sangsekerta berarti ca’ang atau terang..

Selanjutnya.. baca detail dan peta disini..

Warm regards,

MEDI F-032