Ini cerita pribadi saja, saya coba share dengan temen2..
Ga tau karena udah kebiasaan apa kelupaan hehe.. saya ga pernah menurunkan switch lampu ke posisi off.. kenapa?? Menyalakan lampu sangat terasa khasiatnya (udah kaya obat hehe).. gambaran singkatnya mungkin begini…, Saat siang hari yang sangat terang, membuat mata kita seakan terbiasa melihat benda-benda sekitar (jalanan, trotoar, pohon, dsb). Ketika kita melihat ada kilasan atau sinar cahaya pada saat seperti itu, membuat perhatian kita mengarah ke cahaya tersebut.

Begitu manfaatnya mungkin jika kita menyalakan lampu di siang hari.., kita gampang terlihat oleh orang lain..

Ditambah dengan adanya anjuran untuk menyalakan lampu di siang hari khususnya bagi pengendara motor bahkan kemudian disahkan menjadi peraturan,
Sesuai dengan pasal 107 ayat (2) Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan:
“Pengemudi Sepeda Motor wajib menyalakan lampu Utama pada siang hari”. Dengan ketentuan Pidana: Bagi setiap pengemudi Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari, dipidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah).

Sejak saat itu jadi kebiasaan, saya ga pernah lagi nurunin witch lampu ke posisi off.., cukup nyalakan mesin, panasin mesin sampe RPM ke posisi normal langsung berangkat. Gitu juga begitu sampe rumah,.. cut off mesin, tunggu kipas radiator berenti muter, matikan kontak.. kunci, beres deh, ga mau ribet2 matiin lampu2..

Dan sekarang, pabrikan motor mulai menerapkannya sebagai satu fitur di produknya, disebut dengan Daytime Running Light (DRL). Dimulai dari Suzuki Smash Titan, Suzuki Axelo kemudian New Jupiter Z.

Di New Jupiter Z udah ga ada switch untuk lampu, jadi begitu kontak lampu udah otomatis menyala. Selain simple juga mendukung program safety riding.

Tambah boros ga??  Selama switch lampu, mesin, dan komponen lainnya baik, hal itu tidak akan terjadi. Ringkasnya, secara mekanis, menyalakan lampu utama pada siang hari tidak akan mengganggu efisiensi dan kinerja komponen sepeda motor.

Saya sendiri belom pernah ngukur boros ngganya, tapi, selama setahun terakhir membiarkan lampu menyala, belum pernah ada keluhan aki ngadat, motor susah hidup, selain dari sikring yang oblag dari rumahnya.. CMIIW.

Thanks,
Medi