Starting Point             : Dealer Resmi Yamaha Roda 2 Jl. KH. Sholeh Iskandar No 9. Bogor

Time                              : Jumat, 30 September 2011, Pukul 21.00 WIB

Destination                : Bandar Lampung

Bikers/Bike                : Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Bogor (61 Member)

Total Riding               : ± 450 km (Bogor-Lampung-Bogor)

Total Time                 : ± 30 hours

Intro

Touring wajib YVCI-F kali ini adalah touring yang ke-4 dengan tujuan Kota Lampung yang sebenarnya seh udah diagendakan jauh-jauh hari sebelum kepengurusan baru terbentuk. Dikarenakan beberapa hal dan kendala akhirnya baru terlaksana di kepengurusan baru ini. Dalam touring lampung ini pun diagendakan pelantikan anggota baru YVCI-F angkatan ke-5. Set dah mantap cuy angkatan 5 pelantikannya di Lampung.

Akhirnya dengan segala persiapan yang udah dilakukan baik oleh pengurus, panitia maupun member YVCI-F diputuskan hari Jumat, 30 September 2011 untuk berangkat ke Lampung dan pulang hari Minggu, 02 Oktober 2011.

Part 1 (Bogor-Lampung)

Keberangkatan dibagi menjadi 2 kloter, kloter 1 berangkat jam 23.00 WIB lalu 20 menit kemudian disusul kloter 2. masing-masing kloter dikawal oleh 2 motor sebagai RC (Road Captain), 5 motor SO (Saftey Officer) dan 2 motor Sweeper. Untuk rute keberangkatan kali ini dimulai dari Roda 2 – Leuwiliang – Jasinga – Rangkas Bitung – Pandeglang – Serang – Cilegon (Pelabuhan Merak)- Pelabuhan Bakauheni – Bandar Lampung.

Eits…. Ada yang kelupaan nich, ada satu rombongan YVCI-F kira-kira sekitar 4 member dengan satu boncenger yang udah berangkat duluan jam 17.00 WIB ke pelabuhan Merak buat ngurusin masalah akomodasi penyebrangan. Thanks ya Bro Dika, Bram, Hendra dan Aswin serta sang istri yang udah mau meluangkan waktunya buat ngurusin akomodasin anak2 Bogor…hehehe

Setelah semua member YVCI-F berkumpul, acara dibuka oleh bro Eko F-065 Pak Ketum YVCI-F periode 2011-2012 disambung kemudian sambutan dari Ketua Panitia Touring IV Bro Andra F-099 dan ditutup dengan doa dari Bro Asep Jagur F-033. Pesan Pak Ketum dan Kang Andra kurang lebih sama, “Member YVCI-F tidak ada yang arogan, utamakan keselamatan baik diri sendiri, rombongan mapun pengguna jalan disekitar (Safety Ridingnya dipake ya…)” dan yang gak kalah penting jangan lupa Isi Bensin motornya masing-masing Full tank… Akhir kata dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirohim kloter pertama berangkat disusul kloter kedua 20 menit kemudian dan gak lupa sebelum berangkat kita dokumentasikan dulu dengan berfoto-foto ria..hehehehe

Jam udah nunjukin angka dua yang berarti udah 2 jam lebih perjalanan antara Bogor-Jasinga… (wuidih jaur bener ya Jasinga teh??? Padahal masih Bogor..hehehe). Terminal Angkot Jasinga jadi titik kumpul berikutnya antara kloter 1 dan 2 sekalian beristirahat sejenak… Alhamdulillah walaupun dijalan kendaraan masih cukup ramai selama perjalanan antara Bogor-Jasinga tidak ada kendala semua berjalan dengan lancar, aman, damai dan terkendali.

“Prepared..prepared..prepared..prepared” teriak salah satu Officer kepada seluruh member untuk segera bersiap2 karena perjalanan akan dilanjutkan kembali. Ehm… ehm.. untuk kali ini perjalanan menuju Kota Serang baik kloter 1 dan kloter 2 digabung jadi satu mengingat trek yang akan kita lalui cukup sepi dan terkenal dengan daerah rawan kejahatan. (Siap-siap untuk trek Perkebunan kelapa sawit nich…). Dengan digabung nya kloter 1 dan 2 pekerjaan berat buat para Officer karena rombongan makin banyak dan iring-iringan semakin panjang (Saluuttt buat para Officer YVCI-F….).

Selama perjalanan trek yang dilalui lumayan tidak bersahabat, melewati berbagai perkampungan dan jajaran pohon-pohon kelapa sawit dengan kondisi jalan yang sebagian rusak parah disertai penerangan jalan yang kurang memadai. Namun cuaca malam hari cukup bersahabat, hanya dentuman suara mesin si vixi yang terdengar sepanjang perjalanan menambah suasana malam hari yang tenang (SSssstttt…. ZZzzzzz….).

Ada kabar dari kota Kota Serang kalo salah satu member YVCI-F bro Aswin F-057 dengan sang istri mengalami accident saat menuju cilegon. Denger2 motornya mengalami trouble yang rada lumayan (So tuk sementara waktu motornya di titipin dulu dech di bengkel…). Ya Mudah2an bro Aswin dan Istri dalam keadaan bae2 aja gak ada luka serius.

Akhir kata sampailah kita di kota Serang pukul 04.30 ditempat bro Aswin dan Istri beristirahat dengan disambut oleh salah satu member anggota V-DES (V-ixion 86 Serang) thanks banget ya bro udah dikondisikan salah satu anggota keluarga YVCI-F di Serang. Selang 2 jam kemudian akhirnya rombongan YVCI-F tiba juga di pelabuhan Merak.

Pintu Masuk Pelabuhan Merak Pukul 07.00 WIB….

Part 2 (Lampung)

SELAMAT DATANG DI PINTU GERBANG SUMATERA KELUARGA BESAR YAMAHA VIXION CLUB INDONESIA CHAPTER BOGOR. Akhirnya nyampe juga di tanah Sumatera setelah menempuh perjalanan laut kurang lebih 2,5 Jam. Masih ada 3-4 jam lagi untuk sampai di kota Bandar Lampung (Sebelum perjalanan dilanjutkan si vixi mesti di kasih minum nich biar Doi kaga dehidrasi..hehehe di pom bensin dekat pelabuhan). Ternyata minuman buat si vixi beragam ya sesuai dengan pemiliknya, ada yang pake Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan campuran keduanya. Ehm….ehm….

Pintu Masuk Menuju Kapal Penyebrangan…

Perjalanan dilanjutkan menuju Kota Bandar Lampung, suasana perjalanan antara pelabuhan Bakauheni dengan Bandar Lampung  menurut sebagian bikers mah lumayan membosankan (Habisnya trek yang dilalui cuman lurus doank kaga banyak belok-belok…hehehe) membuat sebagian bikers ngantuk karena aktivitas di kendaraan monoton dengan pepohonan perkebunan dikanan dan kiri jalan. Cuaca selama perjalanan sangat-sangat panas (Tanah sumatera mempunyai cuaca yang sangat panas..) berbeda iklim nya denga Tanah Jawa terutama Kota Bogor yang masih bisa dibilang sejuk walaupun sekarang udah mulai panas karena Global Warming. Kendaraan yang melintas pun gak terlalu ramai (Dilihat-lihat dan diperhatikan dengan seksama dan menghasilkan satu kesimpulan sangat jarang sekali yang melintas…hehehe) hanya kendaraan kendaraan yang mempunyai bobot yang cukup besar aja yang sering terlihat yaitu Truk Toronton yang sempet beberapa kali menyulitkan member2 YVCI-F buat nyalip.

Akhirnya sampai juga di titik penjemputan oleh YVCI-L (Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Lampung), thanks Brother atas sambutan dan segala akomodasi yang telah disiapkan selama rombongan YVCI-F berada di Kota Lampung… kurang lebih jam satu siang rombongan sampai ditempat penginapan dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di Lampung sekaligus tempat acara pelantikan untuk member-member prospek (Acara yang paling ditunggu-tunggu…hehehehe).

Pantai Klara TNI AL Lampung (Kelapa Rapat) Tempat pelantikan buat member-member prospek YVCI-F. Selamat datang kawan dikeluarga besar YVCI terutama YVCI-F semoga kalian menjadi generasi penerus yang bisa membawa bendera YVCI terutama YVCI-F lebih berkibar tegak dan memberikan yang terbaik buat negeri kita tercinta INDONESIA.

Pantai Klara TNI AL Lampung (Kelapa Rapat)

Agenda YVCI-F di Kota Bandar Lampung setelah pelantikan :

  1. Jam 22.00 waktu setempat s/d Selesai Kopdar Gabungan dengan YVCI-L di dealer Yamaha Rolya (Depan Mall Kartini) Kota Bandar Lampung dan Rolling City Kota Bandar Lampung.
  2. Jam 09.00 s/d 12.00 waktu setempat seharusnya jadwalnya untuk kita Pulang,, eh malah acara bebas yang pada akhirnya beberapa member ada yang pergi membeli oleh2 makanan, souvenir, ngopi2, makan2 diluar agenda yang udah disusun panitia.
  3. Jam 14.00 waktu setempat Jadwal untuk prepare Pulang ke kota tercinta “Bogor”.

Keluarga besar Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Bogor dan Lampung

Keluarga Besar YVCI-F dan YVCI-L

Part 3 (Lampung-Bogor)

Jam 13.00 waktu setempat saatnya kita (Prepared… prepared…. prepared…) untuk pulang ke Bogor. Sebelum berangkat pulang sebagai tamu yang baik adakalanya kita berpamitan terlebih dahulu sama tuan rumah. Buat YVCI-Lampung terima kasih sudah menerima kami disini dan telah banyak merepotkan selama kami di Lampung. Ditunggu kunjungan balasannya dari YVCI-L ke kota Bogor ya. Selamat berjumpa di waktu dan kesempatan yang lain.

Acara Penutupan Touring IV

Rute pulang yang akan dilalui sama dengan rute keberangkatan, baik kloter 1 maupun kloter 2 disatukan menjadi satu kloter. Cuaca perjalanan pulang Alhamdulillah terlihat dan terasa kondusif untuk melalukan perjalanan secara rombongan dalam jumlah banyak. Setelah sampai di pelabuhan Merak Banten dikarenakan kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk berkendara secara rombongan dalam berjumlah banyak maka Officer menetapkan untuk membagi dua kembali jadi 2 kloter. Jarak tempuh yang dilalui lebih lama dibandingkan dibandingkan jarak tempuh berangkat dikarenakan ada beberapa kendala yang terjadi. Seperti kloter 1 yang tersesat di Kota Serang dikarenakan terputusnya rombongan dengan RC, banyaknya member atau peserta touring yang mengalami kelelahan sehingga terkantuk dan terjadi kecelakaan kecil, adanya trouble pada motor sebagian peserta touring. Sehingga officer mengambil keputusan untuk beristirahat total selama 2 jam di dua tempat yang berbeda yaitu di Pandeglang dan di tempat sebelum memasuki perkebunan kelapa sawit setelah kabupaten Lebak.

Di kota pandeglang sudah ada V-DES (V-ixion 86 Serang) yang menyambut kedatangan kita untuk beristirahat. Terima kasih atas sambutan hangat kekeluargaan yang telah diberikan. Terima kasih tidak lupa kami ucapkan untuk beberapa member YVCI-Chapter Lebak yang telah bersedia mengantarkan kami sampai di perbatasan Kabupaten Lebak. “See You Next Touring Brother”.

Akhir kata jam 05.00 WIB YVCI-F tiba di kota Bogor dengan selamat tanpa kekurangan apapun. Dan next touring berikutnya adalah YVCI-F Goes To Jamnas 2 YVCI Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Jawa Tengah.

Selamat datang di Keluarga Besar Yamaha Vixion Club Chapter Bogor (Bro Ari, Gondes, Kiki, Hadi, Yusuf, (Maaf Lupa euy), Stefanus, Diki, Mayat, Abul, Aris, Erik)

Banyak hal yang bisa kita ambil dari perjalanan Touring Wajib IV YVCI-F ini, diantaranya:

  1. Koordinasi, adanya koordinasi yang baik antara sesama member, petugas Officer dan panitia maka kejadian tersesatnya kloter 1 di Kota Serang saat pulang ke Bogor bisa diminimalisir atau bahkan tidak harus terjadi.
  2. Komitmen, komitmen diperlukan baik peserta touring, officer dan panitia sehingga semua agenda yang telah disusun oleh panitia dapat berjalan dengan baik. Tidak adanya agenda dadakan diluar yang telah disusun akan meminimalisir molornya waktu yang terlalu lama sehingga semua rangkain acara hingga pulang dapat sesuai dengan harapan.
  3. Konsisten, kata konsisten dapat diartikan bahwa kita adalah klub yang semua membernya bisa dan dapat bahkan wajib mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan sehingga tidak ada alasan untuk melanggar aturan tersebut. Jika konsisten ini dapat kita jaga maka kecelakaan pada saat rambu lalulintas lampu merah menyala tidak akan terjadi.
  4. Kekompakan, kekeluargaan, keakraban adalah hal yang paling mendasar dalam sebuah klub atau komunitas. Dimana ketiga kata tersebut akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap komunitas sehingga akan terjadi saling menghargai, saling memberi, saling menerima dan yang paling penting No Hurt Feeling.
  5. One For All-All For One, satu kalimat yang mempunyai banyak arti yang bisa dideskripsikan berbeda-beda oleh setiap orang namun mempunyai satu tujuan yang sama yaitu YVCF-NU AINK.

Akhir kata “Terima kasih kami ucapkan yang tak terhingga kepada Keluarga Besar Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Lampung atas segala yang telah diberikan selama kami YVCI-F berada di kota Lampung” itulah sepenggal kalimat dari Pak Ketum dan Ketua Panitia Touring YVCI-F dalam menutup rangkaian acara YVCI-F selama di Lampung.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait sehingga agenda Touring Wajib IV ini bisa terlaksana dengan baik. Untuk semua member Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Bogor terima kasih atas partisipasinya.

“We Belong Together”.

“YVCI-F NU AINK”

Regards,

YVCI F-129