Pada dasarnya oli itu berfungsi melumasi mesin agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan pergesekan antara satu part dengan part lain, sekaligus sebagai pendingin bagi mesin motor kita. Seiiring perkembangan teknologi, produsen oli menciptakan oli yang berkualitas tinggi, yang mampu menyesuaikan dengan teknologi tersebut.
Ingat !….. oli untuk mobil berbeda dengan oli untuk motor. Oli mobil biasanya dilengkapi bahan yang termasuk kategori friction modifier. Maksudnya, sejenis aditif yang membuat pelumasan semakin lama semakin licin. Untuk motor dengan tipe kopling basah, penggunaan oli yang mengandung bahan friction modifier, akan menyebabkan kopling slip. Oleh karena itu, antara oli motor dan mobil punya standar yang berbeda.
Oli mobil biasanya mencantumkan standar lembaga seperti ILSAC (International Legal Services Advisory Council) atau ACEA (Association of Consulting Engineers Australia) yang fokus mesin industri termasuk mobil.
Sedang untuk motor, ciri utamanya memakai standar JASO (Japan Automotive Standard Organization).
Jadi, apabila tertera tulisan JASO, misal JASO MA ataupun MB, maka itu memang rekomendasi untuk motor. Sedang yang ada tulisan ACEA, API service atau ILSAC, maka itu jelas untuk mobil.
Oli umumnya mempunya spesifikasi yang berbeda, setiap spesifikasi oli tertera di setiap kemasan yang dikenal dengan API Services (American Petrolium Institute) suatu lembaga sertifikasi pelumas internasional. Kode API Service dimulai dari SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL dan yang tertinggi saat ini adalah SM.
- SF/SG/SH – untuk jenis mesin kendaraan produksi (2000-kebawah)
- SJ – untuk jenis mesin kendaraan produksi (2000 – 2004)
- SL – untuk jenis mesin kendaraan produksi (2004 – 2007)
- SM – untuk jenis mesin kendaraan produksi (2008 – keatas)
Kode “S” bermakna Spark atau mesin bensin dan huruf dibelakangnya menunjukkan urutan pengembangan pelumas. Artinya, setiap muncul kategori yang baru, sudah pasti memenuhi klasifikasi oli sebelumnya.
Untuk motor yang beredar di indonesia, gradenya cukup sampai API SG saja tak perlu sampai SJ, SL apa lagi SM. Grade SM terlampau encer, apabila digunakan untuk motor, dapat menyebabkan slip pada sistem transmisi (kopling) karena kandungan zat anti friction-nya terlampau tinggi, terkecuali oli tersebut telah bersertifikat JASO, karena dirancang tidak bikin slip kopling.
BEDA OLI SINTETIK (Synthetic), SEMI SINTETIK DAN OLI MINERAL
Oli mineral umumnya terdiri atas 90% minyak dasar (crude oil), hasil penyulingan minyak bumi, ditambah 10% campuran bahan kimia aditif untuk meningkatkan kinerjanya. Bahan kimia yang dipakai sebagai campuran biasanya detergen (pembersih), antioksidasi dan Index Viscosity Imorover (campuran peningkat kekentalan). Penggabungan unsur-unsur itu membentuk oli yang mampu melumasi mesin.
Oli sintetik, sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan-bahan aditif. Jumlahnya menentukan jenis oli sintetisnya. Oli sintetis penuh (full synthetic oil) mengandung 100% bahan aditif, yaitu minyak dasar bahan kimia yang bukan dihasilkan dari penyulingan minyak bumi.
Sedangkan oli semi sintetik dibuat dengan menggunakan minyak dasar bahan kimia dicampur oli (minyak) mineral.
Oli sintetik biasanya digunakan untuk mesin berteknologi canggih (turbo, supercharger, dohc, etc.) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part atau logam lebih kecil/sempit/presisi, dimana hanya oli sintetik yang mampu melapisi dan mengalir sempurna.
Oli sintetik tidak disarankan untuk mesin lama, dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga apabila menggunakan oli sintetik biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot berasap (ngebul).
Keunggulan oli sintetik dibandingkan oli mineral :
- Lebih stabil pada temperatur tinggi
- Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
- Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
- Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
- Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien.
- Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
- Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak
Kondisi iklim di Indonesia cukup stabil, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Penggunaan oli mineral sudah cukup untuk pemakaian harian atau sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh pabrik.
Sekarang kita kenali oli berdasarkan kekentalannya berdasarkan kode SAE (Society of American Engineers), yang menunjukkan kekentalan oli sesuai yang ideal buat motor.
Umumnya tingkat kekentalan untuk motor, apabila dilihat dari kondisi iklim di Indonesia, performa mesin dan hasil pengujian, idealnya dapat dibagi 4 jenis yaitu : SAE 20w50, 10w40, 15w40, atau 15w50. Kode ‘W’ yaitu Winter atau dingin (misalnya 15w50, artinya kekentalan 15 pada suhu dingin dan 50 pada suhu panas).
SAE 20w50
Oli mesin yang masih mampu dipakai sampai kondisi suhu -10 s.d -15 derajat celcius (kode 20w) dan pada suhu 150 derajat celcius dengan tingkat kekentalan tertentu.
Oli jenis ini relatif kurang efisien dalam konsumsi BBM, tetapi sangat baik dalam melindungi/perawatan mesin, terutama untuk jalan yang macet, jarak dekat, polusi dan beban berat. Pada kondisi ini dikenal dg istilah “boundary lubrication”, dimana pada kondisi tersebut, lapisan oli sangat tipis diantara celah mesin yg cenderung berpotensi terjadinya kontak antara logam dg logam.
Oli jenis ini relatif paling kecil nilai viskositas indeksnya (VI), diantara 3 jenis oli lainnya (minimal untuk oli mineral/semi sintetis 120, untuk sintetik 145).
Semakin banyak aditiv viscosity index improver, semakin sensitif oli/kurang baik untuk mesin motor, utamanya terhadap stress di gear.
VI= ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingin sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya. Untuk oli mobil, VI tinggi akan sangat baik dimesin. Untuk motor bisa sebaliknya.
SAE 15w50
Oli mesin yang masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin (minus) -15 s.d -20 derajat celcius (kode 15w) dan suhu 150 derajat celcius dengan tingkat kekentalan tertentu.
Jenis oli relatif sama dengan SAE 20w50. Sedikit yg membedakan adalah sedikit lebih encer dan nilai VI lebih tinggi dari 20w50. (minimal untuk oli mineral 130, untuk sintetik 150).
Semakin tinggi nilai VI, artinya adalah semakin banyak pemakaian aditif peningkat angka VI. Untuk motor hal ini sangat riskan. Aditif ini relative sensitif digunakan untuk motor yang menyatukan oli mesin dan gigi (kopling tipe basah), artinya, oli jenis ini relatif lebih mudah berubah kekentalannya dibandingkan 20w50.
SAE 10w40
Oli mesin yang masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -20 s.d -25 derajat celcius (kode 10w) dan suhu 150 derajat celcius dengan tingkat kekentalan tertentu.
Jenis Oli yang relatif paling encer diantaranya ketiga jenis oli lainnya. Oli ini relatif paling irit BBM, tetapi kurang baik dalam perlindungan mesin. Terutama pada kondisi jalan sering macet dan beban berat (misalnya sering berboncengan).
Relatif sama dengan SAE 15w50, dalam hal pemakaian aditif peningkat angka VI (minimal untuk oli mineral 130, untuk sintetis 150).
Apakah berarti paling bagus ?
Belum tentu …! Semakin banyak kandungan aditif peningkat angka VI , semakin besar kemungkinan peluang pecahnya aditif VI-nya dan berubah kekentalannya. Ukuran perubahan kekentalan oli biasanya dipakai batasan sampai 25-30% dari kekentalan awal/oli baru.
Sangat sulit memang indikatornya, sebab hanya laboratorium yang bisa memastikan hal ini.
Untuk pemakaian oli jenis ini, disarankan untuk memperhatikan jarak pergantian oli lebih sering/awal. Kalau suara mesin sudah berbeda sedikit….. cepat ganti…!
SAE 15w40
Oli mesin yang masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -15 s.d -20 derajat celcius (kode 15w) dan suhu 150 derajat celcius dengan tingkat kekentalan tertentu .
Nilai VI (minimal untuk oli mineral 125, untuk sintetik 145). Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yg paling ideal. Oli jenis ini relatif paling stabil kekentalannya dibandingkan yg lainnya.
Masalahnya oli jens ini jarang diaplikasikan untuk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai utk kendaraan jenis mesin diesel, yang membutuhkan kestabilan kekekentalan dalam jarak jauh dan kondisi ekstrim seperti pada mesin diesel.
Sebagai tambahan aditif VI adalah senyawa kimia kopolimer (rantai panjang) yang mampu beradaptasi pada suhu rendah dan tinggi tetapi, sensitif terhadap stress di gear.
REKOMENDASI
- Untuk motor yang beraktifitas di perkotaan (sering macet) dan sering berboncengan, dianjurkan menggunakan SAE 20w50, tetapi tidak ada salahnya coba oli dengan kekentalan sedikit lebih encer yaitu SAE 15w40 atau SAE 10w40. Kedua jenis tersebut lebih mampu bersirkulasi dengan lancar melalui celah sempit pada mesin. Ingat….! Harus lebih sering ganti oli ….!
- Sedangkan untuk motor lama, direkomendasikan menggunakan SAE 20w50 (multigrade) atau SAE 40 (single grade) yang memiliki kekentalan tetap, yang dapat bekerja baik pada suhu rendah maupun tinggi, dan mampu menutup celah yang telah mengalami tingkat keausan tertentu.
~Semoga Bermanfaat~
.
(F-005, 2008)
.
Note :
- untuk motor dengan kopling tipe basah (wet clutch).
- dari berbagai sumber.
Desember 29, 2008 at 23:26
waw… pertamax… juga akhirnya.
hebat ulasannya om…
pas banget ma komunitasnya… soalnya banyak yg masih binggung juga ma oli yg harus di pakai di kendaraannya…
sejauh ini ane pake enduro racing…. enak … top markotob… tapi ati2 banyak yg palsunya….
Desember 29, 2008 at 23:34
wah jadi tau banyak nieh tentang oli,,,
Desember 30, 2008 at 09:05
Servis pertama pake yamalube silver,
servis kedua ganti yamalube gold,
sekarang pake motul 5100 ester.
Terasa deh bedanya, memang harga gak bisa bohong….
(cobain aja dah…)
Desember 30, 2008 at 09:16
Agar nggak di palsuin, beli di spbu terdekat aja. Trus setelah kita gunakan olinya, botolnya kita rusak agar tidak bisa dipalsukan lg.
Desember 30, 2008 at 09:38
@4kuro22id
ide brillian bro..
kita berantas pemalsuan…
Desember 30, 2008 at 11:13
@1.3.4.^^
Kalo saya ganti oli sendiri, botolnya pasti saya robekin pake cutter.
Desember 30, 2008 at 15:58
Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com%3c/a>. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
http://otomotif.infogue.com/oli_untuk_motor
Februari 13, 2014 at 08:49
wah cakep bgt tuh
Desember 31, 2008 at 02:32
Lapor Buat om Momod…
setelah gugling karena tergelitik ma quote om momod yg menanyakan
“Enduro Racing speknya API SL JASO MA2 SAE 10W40. Nomor sertifikasi JASO MA2 nya berapa ya bro ?”
hasil gugling di http://www.jalos.or.jp/onfile/jaso_e-2.htm
datanya baru
no.460 Enduro 4T PERTAMINA m062PTM006 MA 20W-50
ga tau deh data kapan… laporan slesai… hihihihihi… salam damay
Desember 31, 2008 at 13:50
Nice article Mr!
selama ini emang bingung mau pake oli yang mana. Ane jadi rada ngarti saeutik2 mah
hehehe…
nuhun pisan mister mo!
dikz
Januari 16, 2009 at 13:42
wah bres bro…bisa jdi tau aku…thanxs bro sxlian
Januari 16, 2009 at 16:29
Menurut artikel di atas kira2 Oli yang baik buat VIXION apa?
(langsung kasih contoh yang direcomended)
thanx.
Maret 3, 2011 at 17:01
Castrol power-1 10-40 sJ 1L
Januari 17, 2009 at 20:16
Vixi gw pake shell VSX. Tarikan enteng Bro ! Harganya 35rb-40rb t’gantung tokonya. Kalo sdh nyobain pasti jatuh hati. Kpengen nyoba motul ester atau Hitec (rekomendasi dari forum vixion) tapi muuaaahal minta ampun ! harganya bisa beli VSX 2 kaleng !:-(
Januari 17, 2009 at 20:25
Oh iya ada yg baru Shell Ultra yg iklannya ditv dipake Stoner tapi harganya 140rb-an (bisa VSX 4 kaleng!!!) Gw lihat pas JMS desember kemarin. Gw pikir u/ vixi t’lalu tinggi speknya spt info diatas mgkn ga cucok u/ vixi dan kantong gw he2;-)
Januari 20, 2009 at 04:21
Kalau Repsol Moto 4T SUPER 20w50 itu mineral atau synthetic?
Januari 20, 2009 at 10:45
Menurut Ane yah…,
Yang namanya oli full Synthetic itu.
harganya harus sudah diatas 80rb/liter.
Di bawah itu pasti semi Synthetic atau
cuma ngaku-ngaku aja seperti merek T#?-1.
Pastinya lihat aja di labelnya
Maret 3, 2011 at 16:59
Top 1 dah buka-bukaan aja bebas kok
Februari 27, 2009 at 20:31
gw pake union bro, bru 1 kali si tp trasa enk, mendingan dr pd yamalube, pngen jg si cba shell, ktnya lbh bgs, tgu j kbrnya y…………………….
Maret 22, 2009 at 19:00
Bro..numpang nanya
Kalo di manual book new shogun ane pake olinya yang 20-50
Trus kalo semisal ane pakein tu motor dengan yang 10-40 ngaruh gak ya?
Coz dirumah ada oli Mobil1 10W-40 Racing 4T Fully Synthetic 1 Liter nganggur
Tulung ya Broo…
Maret 28, 2009 at 20:16
Bro gw mo bli vixion neh, utk oli yg bgus pkek ap ya?skalian hargnya ya.
Mohon bntuanya
Thx b4..
Maret 30, 2009 at 12:48
Bro g mo tnya yg udah punya vixion,
Klo mo nyuci ni motor gmn ya? Langsung semprot mpe kedlm2 bleh ga? Ntar tkutnya ad konsleting lg(rusak).
Sory klo mlenceng dr jdul..
Thx
Maret 31, 2009 at 11:14
Tp Dnger2 di forum ap gtu, di bwh jok ma bwh tangki ga bleh kna air, bner ga? Trus letak ecu-nya dskitar mn?
Thx yg dah ngjwb
Maret 12, 2016 at 21:01
Gpp bro ane sering cuci smp di sela-sel tangki sama dibawah jok
So far baik2 aja ga ada problem (vixion 2013)
Januari 1, 2020 at 19:13
Mohon maaf masih blum paham apa oil sell helix buat old vixion bagus apa tidak buat mesin krn katanya itu oil buat mobil…. Trima kasih
Maret 31, 2009 at 19:39
Hehe.. Sory g byk nnya:-D:-D
Tp ktnya mo ad vxion baru, waduh bkin dag,dig,dug,duer
Ntar takutnya, klo dtunggu2 yg mo kluar, ga kluar-kluar truz bgtu dah bli vixion, 1jm kmdian kluar dah yg baru.
Waduuuuh…
Ya dah deh bro thx a lot
April 2, 2009 at 12:37
bro, kalo utk shogun R 110 cc tahun 2001 oli yg cocok apa ya bro? thx b4 ya.
April 2, 2009 at 15:36
;Bro, gw dah jd bli vixion
Gw mo tanya klo utk vixion baru harus nreyen dlu ga? Cara yg baik dan benar gmn? Dan mpe brp Km?
Skali lg maap klo menceleng dr jdul tp mohon djwb ya bro cz g msh awam bgt soal motor 😀
Thx…
April 3, 2009 at 16:17
Bro tolg gw, vixon gw bru 4 hr kok lampu ‘indikator bermasalah'(klo ga salah) kedip2 ya, trus ga bisa di idupin. Gmana dong bro tolgin gw plis. Cptan ya gw tunggu
Thx
April 3, 2009 at 16:42
motor anda pernah jatuh ga?? biasanya kalo jatuh begitu, caranya tinggal matiin aja tuh motor terus coba hidupin kembali…
April 3, 2009 at 17:17
Nggak prnah bro, baru manas2in msin ma jalan kcl2an
Gmn nih?
April 4, 2009 at 08:19
coba bawa saja ke bengkel resmi yamaha,
kan masih ada garansi nya !!! 🙂
April 4, 2009 at 14:01
Udah, dah bneran kok. Kmaren tlpon k dilernya trus mo djmput n skrg dah sehat kmbali. Hehehe kmaren smpet lupa klo ad diler
Hehehe…
Mei 28, 2009 at 02:20
mau nanya2 nih.
kok Vixion gW kadang suka ada suara ngedengung trus ada getaran gitu. Kira2 ada yg bisa ngasih saran..??
tHan’x yah..
Juli 24, 2011 at 11:31
itu bunyi yang ada di tengki bro…..coba aja dengerin …
kalau bukan cepet2 dah tnya ama delerny
Juni 19, 2009 at 22:45
pake semi sintetix boleh ga vixiqwuh coz daily use..n yg bagus merk apaan? serius pgn nanya n tau bro mod… !!!
Agustus 11, 2009 at 23:50
alow mohon ijin gabung nech. Mau tanya, v-ixi nya ada yg pernah pake oli flicker 15w-40 API CF-4/SG?menurut info harganya 50rb. trus sbnrnya udah berapa lama jarak pemakaian hngga kerasa bedanya ganti oli yg baru?
mohon pencerahannya dan tks berat ya
Agustus 14, 2009 at 14:28
salam kenal bro………………………
mohon pencerahan, knapa ya klo vixion gw klo diidupin lampunya klakson malah bunyinya kayak soak gitu yah………???
kasih pencerahan bro.. trims,
Agustus 18, 2009 at 10:27
Salam kenal juga bro…
Klaksonnya masih ori? Atau dah diganti yang after market?
kalo punya saya dah pake h*ll* two tone bunyi kayak soak gitu setelah motor dipake lama terus kipas radiatornya dah nyala.
solusinya bisa pake dua aki. jadi aki satunya lagi bisa dipake buat klakson dll.
atau nanti saat servis di beres sampekan aja keluhannya.
Agustus 20, 2009 at 13:23
mohon pencerahan…
kondisi mesin vixion (umur 3 bulan) saya kok rsanya panas banget ya???smpe kerasa ke kaki bawah kl g pake sepatu, kl dbndingkan dengan megapro (umur 3 tahun) dengan durasi pemakaian yang sama,motor dipakai dengan normal.apa karena olinya apa karena radiatornya g berfungsi,apa memang karakter mesin vixie gitu?? kl dah berhnti gt,mesin menjadi dingin kembali jg membutuhkan waktu lbh lama dari megapro.
apa indikatornya kl radiator vixion g berfungsi sebagaimana mestinya??
trims…
Agustus 21, 2009 at 10:09
@Udit
Sistem pendingin pada mesin vixion adalah sistem pendingin cair atau liquid cooler dengan menggunakan radiator.
Sistem pendingin ini berbeda dengan motor berpendingin udara atau air cooler yang menggunakan banyak sekali kisi2 penghantar aliran udara di mesinnya.
Kisi2 tersebut dibuat sedemikian rupa dan semaksimal mungkin juga berkaitan dengan sistem aerodinamika sehingga udara yang mengalir bukan sebagai penghambat/drag pada mesin tapi secara optimal akan mendinginkan mesin.
Beda dengan mesin vixion dimana kisi2 pendingin ini menjadi tidak ada, sehingga udara panas yang mengalir dari mesin akibat pergerakan motor akan langsung mengenai kaki dari pengendara.
Tapi panas yang timbul juga tidak terlalu ekstrim tapi memang akan sedikit lebih panas dari mesin berpendingin udara karena alasan tadi.
Sebaiknya yang perlu dicek adalah :
1. Air radiator dan kipas radiator apakah sudah berfungsi dengan baik dan benar.
Kipas radiator akan berfungsi secara otomatis jika mesin panas.
2. Setting gear yang salah juga berpengaruh pada mesin yang cepat panas terutama pada setting gear yang sengaja diperkecil untuk memperoleh akselerasi motor yang lebih cepat karena putaran mesin lebih cepat dari
kondisi normal pada rpm yang sama.
Salam.
F-034
September 7, 2009 at 05:45
salam kenal bro. aku punya motor pikcen dan kukendarai hanya di perkotaan dan juga sering macet juga,oli yang bagus buat dapur pacunya apa ya bro! tks b4
November 5, 2009 at 13:17
Hmm pas banget nih . .
gwa lagi mo cari2 info mengenai Olie, melihat macam2 merk olie dah banyak di indonesia dengan harga berbeda2 pula, tp dengan artikel ini setidak2nya kita tau kira2 olie seperti apa sih untuk kebutuhan motor kita terutama untuk penggunaan sehari2.. THANKS BRO…
THX & REGARDS.
Stenly – YVC BK 050.
November 24, 2009 at 21:48
bro mau tanya,vixi gw kluaran 07 tp skrg cepet panas,agk smpe semenit!!!slh dr apanya?trus tarikan payah!msk sm si gembrot karisma keteteran!!!
Mei 10, 2010 at 10:12
Salam Kenal Bro,
Sy juga baru beli vixion, awal april 2010…
oli mesin pake yamalube s.d pertengahan april dan selanjutnya sy coba ganti pd servis pertama dengan BZ Oil sampe skrg… setelah dipakein tuh oli, si vixi lsg jreng, alus bgt suaranya sampe2 mekanik beres yamaha bingung, trus oper gigi ngak ceklak-ceklek tuh, lari uenak tenan (enteng abiz), dah gitu mesin ngak terlalu panas… Pokoke top nih oli, sy beli yg 1 ltr dgn harga 100rb-an bs dipakai hingga 6000 km, nih buatan lokal berstandar internasional.. API Service SL, JASO MA, SAE 10W 40… nih oli ngak dijual sembarangan di toko2/bengkel2, hanya bs dibeli dtg lsg atau diantar oleh agen…. ini bukan promosi lho (sy bukan agen).. hanya sekedar sharing aza agar bertambah pengetahuan qt.. thx.
Mei 25, 2010 at 09:15
BZ Oil, kalo di Depok. agennya ada ga? boleh tau No. telpnya. Thanks ya Bro Athala
Mei 28, 2010 at 01:23
baguuuuuuuus, even ane telat batja nya,,,,,
hatur nuhun buat penjelasannya
kalo seumpama diadaain vote untuk oli, kira2 oli mana yakz yang mayoritas dipakai?
Juni 1, 2010 at 13:37
saya pengen pencerahan
apabila sistem penyaringan udara pada vixi di buka sedikit…ada efek yang buruk tidak untuk kondisi mesin khususnya piston?trims
Juni 1, 2010 at 13:38
salam kerabat dari kami v-ixion majalengka
Agustus 6, 2010 at 16:34
bro letak ECU tpatx d mn ya?aq kok msh bngung
nyari d bwah jok kok ga ktmu?
punyaq vixy th 2010
Agustus 9, 2010 at 18:34
emangnya vixy ga boleh kna air tah?
katanya kalo di parkir n kehujanan lama,vixy ga bs d hidupin…..
bner tah?mhon bntuanya…
Agustus 13, 2010 at 01:14
pakai oli bekas aja bro,,,,mantabzzz dch pokokna
Agustus 13, 2010 at 01:17
vixi violet B6721CQG
Agustus 16, 2010 at 16:00
Vixi standar ada yg mencapai 130/jam ga??dng ban dpn110/70 blk.130/70??tks
Agustus 18, 2010 at 11:06
Bro tandanya RPM kedip…karena semua kelistrikan menyala..(lampu,sen..trus pas ke adaan mesin pas pake jarak jauh! itu pengaruh dari apa ea??
Maret 3, 2011 at 16:58
nih bagi2 aja buat yamaha v-ixion:
-oli castrol 4T power 1 1L 10w-40 SJ
-accu G-Force 4 amp
Saya rasa itu dah pas buat v-ixion tarikan enteng,mesin ga gampang cepet panas dan penggantian HEMAT bisa ampir 2 bulan atau 3500 km masih aman.
April 7, 2011 at 19:19
gw pake vixi 2010 oli pake castrol power1racing 10w-40w. tpi knapa mesin rada kasar oper gigi rada selip..bro vixioner ada yg tau oli yg pas buat vixi..biar mak nyussss…..
April 9, 2011 at 14:31
bro ane udah hmpr 4 kali pake oli shell helix bwt mbl,kira2 pengaruhnya apa ya k mesin?
mhn pencerahan dong
April 22, 2011 at 01:33
mantap
April 22, 2011 at 12:17
yamalube gold
Mei 15, 2011 at 23:54
hi friend motorku vixi udah tak bikin 200cc kenceng bgt motorku brow..cihuuueeyy
Mei 18, 2011 at 19:44
wew, manteb tuh. sayangnya belon ada dimari yg ngoprek mesin. ati2 dijalan aja brad. jgn lupa jg spek remnya diupgrade. jgn pake rem abal2. 😀
Mei 27, 2011 at 10:37
salam kenal semua neh, gue hans, intinya yg bgr oli buat vixy itu castrol power 1 racing ya, trus oli mostul ester en hitec itu bgs jg ya buat vixy!
Juni 4, 2011 at 17:00
gan ane pake yamalube kacow..ane ganti shell hehe mayan kalo beli enduro mulu bisa2 puasa ngerokok gan..wkkwkwkw
Juli 2, 2011 at 23:57
salam vixioner’s..
mw nanya dikit nih soal kelistrikan vixi saya. lampu netralnya mati sudah cukup lama.kira-kira 3 bulan yang lalu sampai sekarang.jd kalau star up, sy harus tarik kopel kayak motor matic ru mau hidup tu mesin..maw saya bawa ke beres kajauhan,harus nyeberang pulau. jadi mohon sharenya apa penyebab dan solusinya.
dan satu lagi, aman kah saya pakai oli castrol aktiv???
makasih sebelumx..salam
Juli 23, 2011 at 09:27
Salam kenal,
Saya pengguna Vixion,
baru beli kemaren second tahun 2010,.
yang ingin saya tanyakan :
√ Kenapa Kipas Radiator saya tidak berputar saat mesin dinyalakan., apakah memang sudah rusak.
saya sempat brosing di forum vixion dan saya baca masalanya adalah kipas akan berputar bila mesin sudah mulai panas,
yang membuat saya ragu ,sampai seberapa panaskah yang dimaksud dalam forum ..setelah berjalan 2 atau 10 bahkah 20 Km.
mohon pencerahanya sesama vixion rider..
Thankss..
Juli 23, 2011 at 17:57
begitu mesin dinyalakan gak langsung nyala kipas radiatornya.
dan gak ada kriteria kapan kipas radiatornya bakalan nyala.
untuk gampangnya, berkendara di kemacetan selama kurang lebih setengah sampai satu jam (full macet yah) bakalan keliatan kipas nyala ato engga.
semoga membantu.
Juli 26, 2011 at 19:40
mo nanya pada sobat vixi raider..knapa ya vixi gue klo setiap ganti oli baru pake yamalube gold 10-40w, pemakaian 500km pertama…mesin suaranya kasar tapi klo udah diatas angka tuh.. nanti baru mesinnya halus..apa olinya gak cocok ya..ada gaya yg ngalami kasus kayak aku gak..makasih brother..mohon pencerahan..
Agustus 2, 2011 at 08:14
ada temen2 yg lain bisa bantu? soalnya motor sy jg gitu. gampangnya sih, mungkin adaptasi si oli ke mesin butuh waktu selama itu. hehe
tunggu jawaban yg lain yah bro.
Agustus 15, 2011 at 02:26
J-Punk YVCS 047
awal beli motor pakai Yamalube, slanjutnya Ganti BM1 PC 3000 harga 50rb smp skrg, motor enak lari stabil tinggal liat nyali aja mau pelintir gas smp penuh juga ok hehehehehehehe
cm saran aja bukan promosi, semahal ato sebagus apapun oli klo jarang ganti oli juga bahaya buat mesin,
Agustus 16, 2011 at 12:11
setuju :mrgeen:
Agustus 18, 2011 at 07:42
vixi saya pake yamahalube suara mesin kasar n cpt panas, kmudian saya cb pake motul 5100 dg kisaran harga125rbu..mesin halus,saat masuk kopling 1 gk ngentat smp bunyi jegleg..larinya main swwiiipp..klo g percaya cb aj..
September 10, 2011 at 09:02
klo saya sih udah lama pakei shell helix yg botol nya kuning…,bunyi motor vixion saya jadi halus…dan tidak cepat panas lagi..,larinya tambah go..go…, lagi….coba deh shell helix ..dijamin mantap..
Oktober 4, 2011 at 20:04
salam kenal vixie rider..
mohon petunjuk dan arahannya, saya baru menggunakan vixion 2011 akhir juli 2011 dan penggunaannya kurang lebih rata2 490km tiap minggunya ( tiap akhir pekan taouring dari tempatkerja menuju kampung halaman kira2 jarak tempuh 245km apabila PP jadi +/- 490km, ini diluar penggunaan sehari2)
Oli yang digunakan msh standar bawaan vixie yaitu “Y***lu**”…
Spedometer skrg sdh menunjukan angka 3849km…
Rencana mo beralih ke Oli Motul 5100 easter 10w40…apakah oli spt itu cocok utk kendaraan yg sering dibawa perjalanan jauh? kira2 apa oli yang cocok utk kondisi seperti keadaan yg seperti yg saya alami, mengingat pernyataan “Oli sintetik tidak disarankan untuk mesin lama…”
Terima Kasih.. 🙂
Oktober 8, 2011 at 10:14
kalo bagian gitu sih, sy gak pakar bro.
maksutnya, sy ga tau oli apa yg bener2 cocok.
tp yg paling penting sebenernya adalah penggantian oli secara berkala.
jgn terlalu lama menggunakan oli yg uda jelek kualitasnya.
jd baiknya, mendingan cek kualitas oli setiap bulannya.
percuma jg kalo pake motul, tp gantinya per 6 bulan sekali. hehe
semoga membantu.
Oktober 29, 2011 at 09:48
Vixi Saya masih pake oli standar yamalube mesin kalo udah panas suaranya kasar banget ,oli apa sih yg cocok buat vixi supaya suara mesin nggak kasar
November 21, 2011 at 15:56
sy baru beli vixi, baru 1000km. pengalaman yg dialami tmn2 vixioners cocok banget dg yg saya alami. ketika pake oli standard pabrik yamaha itu, mesin terasa kasar, oper gigi kasar, juga tarikan hanya enteng di awal2. mau pindah oli tp kemampuan kantong cm 50rb-an. trs mau pake oli merk yg mana ya? please…. help me brad bra……d!!!
Januari 14, 2012 at 00:25
oli yang cocok buat v-ixi, ada tiga piihan….
pertama, oli castrol 4T power 1. tarikan ringan, mesin tidak cepat panas.. masa pemakaian bisa sampai 1 setengah bulan… pemakaian motor tiap hari dengan jarak tempuh perharinya antara 10km – 20 km….
kedua, oli shell yang ada iklannya si stoner… tarikan motor kuencang banget, ringan tarikannya.. mesin gak cepat panas… pemakaian bisa sampe 2 bulan atow lebih… asal pake motornya gak jauh-jauh dari rumah, kisaran 10 km sampe 20 km perharinya…
trus yang ketiga, oli motul 5100… kuaitasnya gak perlu lagi dipertanyakan…. unggul dari dua oli sbelumnya, harganya juga unggul…. tpi klo gak punya duit, mending pake oli bekas aja… heheheeeee….. 🙂
Maret 24, 2012 at 18:04
kalo cari ester 5100 SAE 15W50 daerah bogor dmn ya? cos adanya yg 10W40 melulu.
Terima kasih atas bantuan nya 🙂
April 3, 2013 at 16:17
Badak Motor jl sukasari 1 depan shop n drive boleh dicoba.
Irwan 037
Maret 27, 2012 at 15:27
gimana dengan Enduro 4T racing yg 10w 40 broer? any recomendation?
Mei 4, 2012 at 21:08
vixi gw ilang prawannya di poros enrekang – makassar(276km) jarak tempuh 4jam kecepatan rata2 100km/jam..
efek yg dirasakan sekarang mesin kasar..
oli yg gw pke msh oli standard yg msh dlm mesin wkt kluar dealer..
ada saran g wat penggunaan oli slain motul ester 5100 coz kemahalan wat gw..
gw biasa pke tiger dgn oli bm1.. top markotop rasanya..
jd mo cari yg markotop jg wat vixion gw..
thx sob.. muachhhhhhhhhh
Mei 25, 2012 at 06:15
BB 2472 RI
vixi ane make oli shell gan…
tp masih aja ad bunyi” yg gk jelas pas oper gigi..
make oli apa yah biar bunyi nya ilang..??
Juni 21, 2012 at 22:36
Gan, mesin motor vixion gua panas banget kalo udah jalan 2jam non stop tepatnya di sebelah kanan. OLI yang saya pakai selalu yamalube, apakah faktor OLI berpengaruh gan ?
September 11, 2012 at 08:35
Saya pakai Duron E-Xl dari Petro Canada dengan angka viscositas 15w-40 dan API-SM.. agak mahal sih nih oli, tapi mampu bertahan lebih lama dari oli-oli yang biasanya kita kenal. Biasanya kita ganti oli setiap 2000km, tapi memakai oli ini saya biasa ganti oli di kisaran 6000km, dan sejauh itu mesin tetap fit (menurut uji di Core Lab Indonesia, oli ini bisa bertahan sampai 60000km).
Saya coba geber dari Kebumen ke Bogor (sekitar 500 km), mesin tetep halus&responsif.
Silakan, mungkin oli ini bisa jadi referensi pilihan oli untuk vixion tercinta kita..
Harganya sekitar 160 ribu per botol isi 1 liter.
Oktober 28, 2012 at 16:53
.olii SPX1 boleh nggak buat vixion???
November 5, 2012 at 13:08
Terimakasih Banyak Atas Penjelasanya:))
Desember 6, 2012 at 16:37
tolong info, oli apa ya yg bagus utk vixion 2012..? karna di buku kepemilikan di sarankan oli SAE 20W40 / SAE 20W50 API SJ..?? mohon info utk oli apa yg bagus utk vixion 2012. bisa info sms ke 087884050368
Mei 29, 2013 at 12:57
bro… cara membedakan oli syntetic ama mineral apa yaks??kok di tabel botol oli ga ada yg cantumin bahan olinya…???
Juni 12, 2013 at 14:16
Bro, saya seminggu 2 kali pake motor new vixion boncengan sama istri dan anak. kira-kira SAE brapa yang cocok untuk gw yang sering boncengan
makasih.
Oktober 5, 2013 at 08:06
mas,mo nya ni,,,ane pny vixi
2011,knpa ya mesin ksar,sprti
ada bnyi klotok2 gtu,tp pas
kopling dtrik,suara nya dx ksar
lgi,,,
n klo dibwa jln jauh tu pas pnas,msin ksar bnar kyak ada
bnyi serbutan pasir,,,,kasi
solusinya dong,plis,,,ane bru
2bln ni,bli seken,,,he
Oktober 25, 2013 at 21:37
kalo untuk motor yamaha v-ixion 2010,yg bagus pake olie apa y???
khususnya pke olie BM1 yg jenis apa y??
Maret 11, 2014 at 13:07
Saya baru beli motor NVL setelah service 1 saya sering ganti oli mulai dari yamalube sampai shell ax7…merasa kurang cocok kan sae 20W-50 rekomendasi pabrik NVL…nah dapat repsol moto 4T super 20W-50…ternyata NVLku cocok dengan oli ini…cuma yg membuat bingung kok harganya 100 ribu kemasan 1L ya?
Juni 2, 2015 at 12:45
bro numpang tnyak nh,,, oli yg bgus n enak tarikan na utk vixion th 13 pkek oli apa
oy udah 4x pkek yamalub tp kog kyk kurng sregg ,,,trus apa boleh udha pkek yamlub ganti k yg laen nya
thx
by tuit
September 11, 2015 at 08:13
Pake shel helix aja.. manteb.. ane pake bwt motor ane udah 4 thun lancar jaya.. ganti stiap 6bulan skali. Gak pernah slip kopling..
November 15, 2015 at 22:22
gan mau nanya nih … oli yang cocok dan melindungi mesin untuk mtor old vixion nih apa ya ?
mohon balasannya .. thx .
September 3, 2016 at 08:33
Pilih oli dari SAE Grade belakangnya saja, W nya pilih yang sesuai kondisi. jangan berdasarkan VI.
Juli 31, 2018 at 17:48
kredit mobil
Oli Untuk Motor | Yamaha Vixion Club Bogor
Juli 28, 2021 at 10:24
english dissertation proposal
Oli Untuk Motor | Yamaha Vixion Club Bogor